Bawaslu Kukuhkan Eksistensi di Kancah Dunia - Medcom

    Bawaslu Kukuhkan Eksistensi di Kancah Dunia

    Cahya Mulyana - 08 September 2019 09:49 WIB
    Bawaslu Kukuhkan Eksistensi di Kancah Dunia
    Ilustrasi. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mendapatkan pengakuan dan masuk sebagai anggota The Association of World Election Bodies (A-WEB) di India. Pengakuan lembaga atau organisasi penyelenggara teknis pemilu 106 negara dan bermarkas di Korea Selatan ini merupakan terobosan bagi institusi pengawas pemilu yang merupakan produk kelembagaan orisinil atau tanpa menjiplak dari negara lain.

    "Ini merupakan capaian atau keberhasilan kolektif kolegial kita bersama," ujar Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, di Jakarta, Minggu, 8 September 2019.

    Afif mengatakan ada beberapa negara yang memiliki lembaga mirip Bawaslu, di antaranya Mexico dan Afghanistan. Namun seperti halnya di Mexico, lembaga itu lebih berorientasi ke peradilan pemilu.

    Menurut Afif perwakilan negara-negara lain banyak mempertanyakan kehadiran Bawaslu dalam gelaran pemilu. Itu juga terjadi di pertemuan koalisi penyelenggara pemilu dan LSM internasional di Sri Lanka, tidak sedikit dari mereka mempertahankan alasan adanya pengawas pemilu.

    "Saya ceritakanlah di Indonesia juga ada DKPP, Bawaslu dengan tupoksinya masing-masing. Terus tambah bingunglah mereka itu," sambung dia.

    Bagi Afif, Bawaslu masuk dalam koalisi A-WEB sangat penting karena bisa menjadi ruang strategis untuk menjelaskan ke dunia internasional tentang keberadaan pengawas pemilu. Kemudian, negara lain atau kelompok masyarakat dunia juga bisa belajar ke Bawaslu untuk mendalami sepak terjang pengawasan pesta rakyat.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id