Hujan Buatan Efektif Padamkan Kebakaran Hutan

    Kautsar Widya Prabowo - 24 September 2019 16:00 WIB
    Hujan Buatan Efektif Padamkan Kebakaran Hutan
    Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. ANT/Renald Ghifari.
    Jakarta: Teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang diterapkan pemerintah di wilayah terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai memperlihatkan hasil. Jumlah titik api menurun drastis dalam hitungan hari.

    Wiranto mengatakan kemarau tahun ini lebih panjang dari sebelumnya. Pemerintah tak bisa menunggu hujan turun dan membiarkan titik api semakin luas.

    "Kebakaran hutan dan lahan itu selesai kalau hujan datang. Kalau hujan belum datang maka yang paling efektif adalah bagaimana cara kita untuk memadamkan dengan membuat hujan buatan. Dan sukur allhamdulillah itu tercapai," kata Wiranto di Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa, 24 September 2019.

    Wiranto menjelaskan sebanyak 3.869 titik api terdeteksi pada 22 September 2019. Sehari berselang, titik api berkurang menjadi 3.322 titik. Hujan buatan yang diprakarsai BPPT dan TNI AU berhasil menurunkan jumlah titik api secara drastis.

    "Per tanggal 24 September, dari sumber LAPAN itu tinggal 1.129 titik api, jadi kemarin dari tiga ribuan sekarang tinggal 1.129," jelas Wiranto.

    Mantan Panglima ABRI itu menjelaskan jumlah titik api di Provinsi Riau sebanyak 84 titik, Sumatra Selatan 165 titik, dan Jambi sebanyak 130 titik. Di Kalimantan Selatan jumlah titik api tersisa 61 titik dan Kalimantan Timur sebanyak 175 titik.

    "Kalimantan Tengah ini masih tinggi, masih 475 titik," kata dia.

    Wiranto senang jumlah titik api terus menurun. Ia berharap penerapan teknologi modifikasi cuaca terus berlanjut.

    "Disusul hujan nanti mudah-mudahan dalam waktu sangat cepat atau singkat mudah-mudahan titik api mulai berkurang dan habis," pungkas Wiranto.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id