comscore

Jalan Sekitar Istana Merdeka Dialihkan Selama Upacara HUT TNI

Siti Yona Hukmana - 05 Oktober 2021 09:36 WIB
Jalan Sekitar Istana Merdeka Dialihkan Selama Upacara HUT TNI
Ilustrasi pengalihan arus. (Foto: MI/Angga Yuniar)
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Rekayasa dilakukan selama upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI.

"Rekayasa alih arus selama upacara, utamanya yang mengarah ke Istana," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dikonfirmasi, Selasa, 5 Oktober 2021. 
Argo menyebut pengalihan arus tidak berlangsung lama. Hanya selama selama upacara itu berlangsung. 

"Kemungkinan antara 09.30-10.00 WIB sudah dinormalkan kembali," ujarnya. 

Rekayasa lalu lintas dilakukan di empat ruas jalan, yakni Bundaran Patung Kuda Arjuna Wijaya, Traffic Light (TL) Harmoni, Simpang depan Pertamina, dan Tugu Adipura. Sebanyak empat ruas jalan itu akan dijaga petugas kepolisian.

Berdasarkan keterangan tertulis Pusat Penerangan TNI, upacara dimulai pukul 07.35 WIB dengan persiapan pasukan dan kelengkapan di daerah masing-masing. Kemudian, terompet pertama dibunyikan 07.40 WIB dan terompet kedua dibunyikan 07.45 WIB.

Pasukan upacara dijadwalkan masuk ke lokasi upacara pada 07.47 WIB. Setelah itu, komandan upacara dan lambang-lambang kesatuan memasuki tempat upacara.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan memasuki tempat upacara pada 07.57 WIB. Setelah laporan dari pemimpin upacara, dilakukan mengheningkan cipta selama dua menit.

Baca: Sambut HUT ke-76, TNI Pamerkan 112 Alutsista di Depan Istana Merdeka

Pengucapan Sapta Marga dilakukan pukul 08.06 WIB, diikuti persiapan penyerahan tanda kehormatan. Amanat upacara dimulai pukul 08.17 WIB.

Jokowi dan Ma'ruf dijadwalkan menyaksikan demonstrasi udara pukul 08.34 WIB. Sebanyak 18 pesawat tempur beraksi di atas Istana Merdeka, Jakarta.

Acara dilanjutkan dengan telekonferensi video antara Jokowi dengan para prajurit TNI. Prajurit yang dihubungi itu tersebar di lima lokasi.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id