Jokowi Kebut Vaksinasi Covid-19 Hingga Akhir 2021

    Fachri Audhia Hafiez - 20 Oktober 2021 11:24 WIB
    Jokowi Kebut Vaksinasi Covid-19 Hingga Akhir 2021
    Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.



    Jakarta: Indonesia menargetkan 270 juta dosis vaksin covid-19 disuntikkan ke masyarakat hingga akhir 2021. Target capaian itu terus dikebut pemerintah.

    "Akhir tahun itu minimal 270 juta dosis. Jadi, masih banyak sekali, dalam dua bulan lebih ini yang harus kita lakukan utamanya berkaitan dengan vaksin," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 20 Oktober 2021.

     



    Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia yang sudah mendapatkan vaksin mencapai 171 juta orang. Capaian itu, kata Kepala Negara, juga merupakan bagian dari kerja keras para bupati.

    "Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan bapak ibu saudara bupati semuanya dalam pelaksanaan vaksinasi di daerah," ucap Jokowi.

    Jokowi juga menginstruksikan para bupati konsisten melakukan pengawasan protokol kesehatan di masing-masing daerah. Hal ini seiring dengan meluasnya pelonggaran aktivitas masyarakat di tengah menurunnya kasus covid-19.

    "Kontrol lapangan harus terus dilakukan," ucap Jokowi.

    Baca: Nakes Penerima Vaksin Booster Bertambah 4.409 Orang

    Jokowi mencontohkan aktivitas seperti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah berjalan. Para bupati mesti mengawasi optimal supaya kasus covid-19 tidak melonjak akibat kegiatan PTM.

    "Karena mengelola anak-anak, yang pertama (seperti) SD bukan hal yang mudah. Satu, dua, mulai sudah ada yang terpapar lagi. Sehingga, semua daerah saya harapkan juga kewaspadaannya terhadap ini," tegas Jokowi.

    Pengecekan ketersediaan obat dan angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) juga harus rutin dilakukan. Semua unsur itu untuk memastikan bahwa pelonggaran aktivitas tidak memicu kenaikan kasus covid-19.

    "Sekali kita harus mulai mengaktifkan ekonomi kita, selalu siaga menghadapi semua hal yang tidak pasti," kata Jokowi.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id