KNKT Segera Investigasi Tenggelamnya KMP Yunicee

    Fachri Audhia Hafiez - 30 Juni 2021 14:38 WIB
    KNKT Segera Investigasi Tenggelamnya KMP Yunicee
    Tangkapan layar Metro TV



    Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal segera menginvestigasi penyebab tenggelamnya KMP Yunicee. Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tak menyebut kapan investigasi akan dimulai.

    "Mereka (KNKT) yang akan melakukan investigasi atas penyebab kecelakaan," ujar juru bicara Kemenhub Adita Irawati kepada Medcom.id, Rabu, 30 Juni 2021.

     



    Di sisi lain, Kemenhub terus berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) perihal proses evakuasi korban. Upaya penyelamatan korban dari kapal nahas itu digencarkan.

    "Basarnas menjadi leading dalam evakuasi korban. Kementerian perhubungan melalui Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan setempat turut menjadi bagian dari proses itu," ucap Adita.

    Baca: 2 KRI Dikerahkan Evakuasi KMP Yunice

    KMP Yunicee yang terbalik dan tenggelam di perairan Bali tersebut terjadi pada 19.20 WITA. KMP Yunice Rute Ketapang-Gilimanuk tenggelam di Selat Bali, tepatnya di Gilimanuk, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Kapal penumpang tersebut memiliki warna putih strip merah biru dengan panjang 56,5 meter dan lebar 8,6 meter.

    Kronologi kejadian bermula dari kapal terbawa arus ke selatan dari Pelabuhan Gilimanuk pada Selasa, 29 Juni 2021, pukul 19.06 Wita. Kapal tersebut miring dan langsung tenggelam di selatan Pelabuhan Gilimanuk.

    KMP Yunicee membawa 57 orang. Terdiri dari kru kapal 13 orang, penumpang 41 orang, dan pihak kantin tiga orang.

    Data sementara menyebutkan sebanyak 39 orang selamat. Sejumlah tujuh orang meninggal dunia dan dalam pencarian 11 orang.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id