comscore

Simak, Ini Aturan Aktivitas Masyarakat Selama Nataru

Theofilus Ifan Sucipto - 30 November 2021 18:32 WIB
Simak, Ini Aturan Aktivitas Masyarakat Selama Nataru
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: Istimewa
Jakarta: Pemerintah mengatur aktivitas dan mobilitas masyarakat selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Kebijakan tersebut guna menjaga tren penanganan covid-19 yang baik dan mencegah lonjakan kasus.

“Secara tanggap, pemerintah melakukan pengendalian covid-19 dalam negeri,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 30 November 2021.
Wiku mengatakan upaya pertama, yakni pengaturan mobilitas di dalam negeri. Pemerintah bakal memberlakukan sistem ganjil-genap di wilayah aglomerasi, ibu kota provinsi, tempat wisata, dan wilayah lainnya yang disesuaikan dengan peningkatan mobilitas daerah.

Pemerintah juga menerapkan skrining covid-19 acak pada posko check point. Pengaturan mobilitas ini berlaku H-7 hingga H+7 periode Nataru.

Baca: Jangan Korbankan Kesehatan Demi Kesenangan Sesaat

“Upaya kedua, pengaturan aktivitas sosial ekonomi masyarakat pada PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) level 3,” papar Wiku.

Menurut dia, fasilitas publik yang diperbolehkan beroperasi wajib membentuk satgas covid-19 dan menggunakan PeduliLindungi. Ketentuan ini, kata dia, tak boleh dilanggar.

“Fasilitas publik yang boleh beroperasi, tetapi tidak membentuk satgas covid-19 dapat diberikan sanksi teguran lisan/tertulis, peringatan, hingga penutupan sementara,” jelas dia.

Selain itu, ada pembatasan silaturahmi. Masyarakat diimbau bersilaturahmi via virtual untuk menghindari kerumunan yang berujung pada penularan covid-19.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id