Jokowi Ajak Negara Sahabat Bangun Ibu Kota Baru

    Damar Iradat - 13 Januari 2020 14:46 WIB
    Jokowi Ajak Negara Sahabat Bangun Ibu Kota Baru
    Presiden Joko Widodo. ANT/Akbar Nugroho Gumay.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin melibatkan sejumlah negara sahabat untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur. Sudah tiga negara yang menyatakan ketertarikannya, yakni Jepang, Korea Selatan dan Uni Emirat Arab.

    Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan keterlibatan negara sahabat ini untuk mewujudkan konsep Indonesia untuk dunia. Keterlibatan negara lain dalam pembangunan ibu kota baru tak hanya terkait infrastruktur, tapi juga investasi.

    "Jadi bukan investasi saja, tetapi sejumlah kegiatan-kegiatan di dalamnya, (seperti) riset teknologi, investasi, terus kemudian konservasi lingkungan semuanya, presiden ingin melibatkan negara-negara yang ada di dunia," ujar Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

    Dalam kunjungan ke Abu Dhabi, Jokowi juga mengajak negara lainnya turut serta dalam pembangunan ibu kota baru. Menurut dia, jika banyak negara terlibat proyek tersebut, maka dalam seribu tahun mendatang, ibu kota ini akan dikenang warisan dari Presiden Jokowi.

    Jepang, lewat SoftBank mengaku tertarik dengan konsep ibu kota baru. Presiden SoftBank Masayoshi Son mengaku berniat menyuntikan modal. 

    Abu Dhabi juga ingin terlibat dalam pembangunan ibu kota baru. Bahkan, Jokowi telah meminta Putra Mahkota Mohamed Bin Zayed untuk menjadi dewan pengarah dalam pembangunan ibu kota baru. 

    "Beliau (Mohamed Bin Zayed) sangat positif melihat rencana pemerintah Indonesia membangun ibu kota baru dengan konsep yang ditawarkan oleh Pak Jokowi sbagai kota yang berkelantujutan, suistainable city, bukan sekadar smart city," jelas dia.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id