Sentuh Perasaan Masyarakat Agar Cinta Lingkungan

    Theofilus Ifan Sucipto - 10 Desember 2019 04:00 WIB
    Sentuh Perasaan Masyarakat Agar Cinta Lingkungan
    Direktur Wahid Institute Yenny Wahid. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Madrid: Direktur Wahid Institute Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid mengungkapkan cara agar manusia lebih peduli lingkungan. Salah satunya menyadarkan dampak perubahan iklim melalui sisi emosional.

    "Kalau ingin melakukan perubahan besar, orang tidak bisa hanya disuguhi dengan fakta, tapi harus disentuh emosinya dan perasaannya," ujar kata Yenny Wahid di Gedung Ifema Madrid, Spanyol, Senin 9 Desember 2019.

    Menurut Yenny, salah satu institusi yang bisa menyentuh perasaan manusia adalah organisasi keagamaan. Pemimpin agama, kata dia, perlu mengedukasi jemaahnya agar lebih peduli ihwal dampak perubahan iklim.

    Dia meminta pemerintah aktif mengajak pemimpin agama dalam upaya menyelamatkan lingkungan. Yenny mengatakan sejumlah organisasi Muslim telah melakukan hal tersebut.

    "Nadhatul Ulama dan Muhammadiyah misalnya, sudah melakukan sejumlah inisiatif menyelamatkan lingkungan seperti menanam pohon bakau dan daur ulang," ujar putri kedua Presiden keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu.

    Selain itu, Yenny mengaku baru tiba dari pertemuan pemimpin agama di Oman. Yenny bilang, agama lain turut bahu-membahu menjaga lingkungan.

    "Ada juga gereja yang menggunakan asetnya untuk berinvestasi pada proyek yang menyelamatkan lingkungan hidup," ucapnya.

    Untuk itu, Yenny mengajak seluruh pemimpin agama di Indonesia solid melakukan hal serupa. Langkah itu, kata dia, memiliki efek positif yang dahsyat.

    "Ini seperti raksasa yang masih tidur yang belum dibangkitkan dengan sepenuhnya. Kalau dibangkitkan akan menjadi kekuatan yang luar biasa,' tuturnya.



    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id