Indonesia Tuan Rumah Forum Meeting of Mines 2019

    Fachri Audhia Hafiez - 07 Desember 2019 07:10 WIB
    Indonesia Tuan Rumah Forum Meeting of Mines 2019
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Jakarta: Pesatnya kemajuan zaman memaksa generasi muda saat ini untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Namun fenomena tersebut ternyata berdampak pada masing-masing individu.

    Faktor tersebut menjadi pemantik diselenggarakannya Forum Meeting of Minds 2019. Acara ini akan dihelat di The Tribrata, Jalan Darmawangsa III No.2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 11-12 Desember 2019.

    "Forum Meeting of Minds merupakan acara pertemuan multilateral yang akan membicarakan permasalahan dunia dengan mengambil tema Facing Global Disruption," kata Ketua Forum Meeting of Minds dan CEO Grup Syailendra Asia Salina Nordin, di Jakarta, Sabtu, 7 Desember 2019.
     
    Acara ini akan mempertemukan berbagai kalangan yang berbicara mengenai permasalahan serius generasi muda. Pembicara yang hadir pun berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Denmark dan sebagainya.

    Ada pun topik yang didiskusikan dalam forum ini meliputi bidang Sains Teknologi dan Inovasi (STI). Peserta akan diajak berdiskusi mengenai solusi tujuan pengembangan berkelanjutan lewat keuangan dan perbankan Islam, mendorong pemasukan dan keberlanjutan lewat solusi wakaf, bisnis, modal usaha, serta untuk pemberdayaan gender dan kaum muda.

    Selain itu peran sains dalam biologi baru dan bioteknologi, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan revolusi teknologi informasi komunikasi juga bakal menjadi fokus utama. Selain itu kebijakan berkelanjutan untuk hutan, agrikultur, dan ketahanan pangan tidak ketinggalan dikupas dalam pertemuan tersebut. 

    "Ini semua merupakan inti untuk mendapatkan tujuan pembangunan berkelanjutan di masa depan," ujar Salina.

    Pemilihan Indonesia menjadi tuan rumah forum ini tidak lepas dari bonus demografis yang akan dihadapi. Sebab 60 persen penduduk Indonesia berumur di bawah 35 tahun. 

    Indonesia juga disebut memiliki demokrasi yang hidup dan salah satu yang paling cepat berkembang. Selain itu, Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang kaya dan punya masa depan yang pada modal sumber daya manusia serta kemampuan negara untuk menginspirasi pemberdayaan anak muda. 

    "Oleh karena itu, Indonesia merupakan ujian dan teladan bagi masa depan," ujar Salina.

    Rencananya Presiden RI Joko Widodo akan menghadiri sekaligus membuka acara di hari pertama. Kemudian Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin akan hadir pada hari kedua. Diperkirakan peserta yang hadir dari seluruh dunia mencapai 3.000 orang.




    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id