Ditunjuk Sebagai Kurator Sandang PKN 2021, Samuel Wattimena: Pucuk Dicinta Ulam Tiba

    MetroTV - 15 Oktober 2021 17:07 WIB
    Ditunjuk Sebagai Kurator Sandang PKN 2021, Samuel Wattimena: Pucuk Dicinta Ulam Tiba
    Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 akan segera digelar. (foto: metrotv)



    Jakarta: Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) ke-3 akan digelar secara daring pada tanggal 19-26 November 2021. Samuel Wattimena yang ditunjuk sebagai kurator sandang PKN 2021 mengaku telah menantikan momen tersebut.

    “Sejak tahun 85 itu saya sudah pergi ke berbagai pelosok nusantara, sehingga ketika diminta jadi kurator bidang sandang, ini menurut saya pucuk dicinta ulam tiba,” ucap Samuel dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Jumat, 15 Oktober 2021.

     



    Samuel atau yang akrab disapa Sammy mengatakan ini adalah sebuah kesempatan besar. Alasannya, Sammy dapat kembali membuka data dan jejaring yang telah dikumpulkan selama puluhan tahun. 

    Sammy menjelaskan kebudayaan di Indonesia selama ini masih berbentuk kebudayaan lisan. Hal ini membuat kebudayaan tradisional di Indonesia tidak memiliki cukup data secara tertulis. 

    Menurut Sammy, kelengkapan data merupakan akar dari inovasi. “Jika kita tidak memiliki data tertulis di dalam karya-karya budaya dan seni, itu akan sangat berbahaya saat akan melakukan inovasi karena akarnya tidak jelas,” jelas Sammy.

    Dengan kemajuan teknologi, kebudayaan Indonesia yang tidak memiliki data tertulis tersebut bisa disosialisasikan ke pemerintah dan juga berbagai daerah. Kebudayaan di suatu daerah yang sulit untuk terjangkau, kemudian menjadi sangat mudah.

    “Begitu kita melakukan syuting di suatu daerah, dia bisa kita viralkan dengan target dunia, ini menurut saya hal yang sangat positif,” ungkap Sammy.

    Data-data yang ada nantinya akan menjadi bekal bagi generasi muda untuk turut andil dalam proses pelestarian kebudayaan Indonesia. Selain itu, Sammy mengingatkan kebudayaan juga merupakan bagian dari pertahanan nasional. (Widya Finola Ifani Putri)

    (PRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id