comscore

Populer Nasional: Alasan Terawan Dipecat IDI Hingga 16 Teroris Anggota NII Ditangkap

Lukman Diah Sari - 28 Maret 2022 06:16 WIB
Populer Nasional: Alasan Terawan Dipecat IDI Hingga 16 Teroris Anggota NII Ditangkap
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. MI/Ramdani
Jakarta: Sejumlah pemberitaan di kanal Nasional Medcom.id pada Minggu, 27 Maret 2022, menarik perhatian publik. Pertama soal pemecatan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Kedua, prajurit TNI gugur akibat aksi penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Terakhir, belasan teroris di Sumatra Barat ditangkap Densus 88
Berikut tiga berita populer pada Minggu, 27 Maret 2022: 

1. Pemecatan Dokter Terawan dari IDI

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberhentikan permanen mantan Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto dari keanggotaan IDI. Pemberhentian akan dilaksanakan selambat-lambatnya 28 hari kerja setelah ditetapkan.

"Terawan diberhentikan secara permanen dari keanggotaan IDI, salah satu keputusan Muktamar XXXI di Kota Banda Aceh. @PBIDI," cuit epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono, Jumat, 25 Maret 2022. 

Kasus pelanggaran etika berat dokter Terawan cukup panjang. Sebelumnya, sudah dilaksanakan sidang Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) pada 8 Februari 2022 oleh (Pengurus Besar) PB IDI. Ini adalah kelanjutan hasil MKEK dan Muktamar IDI tahun 2018. 

Baca di sini: Penyebab Terawan Dipecat IDI 

2. Prajurit TNI Gugur dalam Kontak Tembak dengan KKB Jadi 2 Orang

Prajurit TNI yang meninggal akibat insiden penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di pos militer Satgas Mupe Yonif Marinir-33 di Kabupaten Nduga, Papua, bertambah satu orang. Prajurit yang menjadi korban keganasan KKB, yakni Pratu Mar Wilson Anderson.
 
"(Total) dua orang meninggal dunia," ujar Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, Minggu, 27 Maret 2022.
 
Wilson meninggal pada dini hari tadi. Korban lain yang meninggal, yakni Letda Mar Moh. Iqbal, pada sehari sebelumnya. Selengkapnya baca di sini. 

3. Densus 88 Tangkap 16 Teroris di Sumbar

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 16 tersangka terorisme di Sumatra Barat (Sumbar). Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengungkap para tersangka terorisme berasal dari kelompok Negara Islam Indonesia (NII). 
 
Namun, Aswin belum bisa membeberkan lebih detail terkait sejauh mana keterlibatan 16 orang teroris itu di dalam jaringan NII. Polisi juga belum menjelaskan kaitan 16 orang itu dengan kasus terorisme di Tanah Air.

"Terdiri dari 12 tersangka di wilayah Dhamasraya dan empat tersangka di wilayah Tanah Datar," ujar Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Sabtu, 26 Maret 2022.

Baca di sini: Densus 88 Sebut 16 Teroris di Sumbar Anggota NII

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id