Evaluasi PPKM Jawa dan Bali pada Minggu Pertama

    Kautsar Widya Prabowo - 22 Januari 2021 09:48 WIB
    Evaluasi PPKM Jawa dan Bali pada Minggu Pertama
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah mengevaluasi pelaksanaan Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali selama satu minggu pertama pada 11-18 Januari 2021. PPKM diberlakukan di 73 kabupaten/kota yang tersebar di tujuh provinsi.

    Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan terdapat empat indikator yang menjadi dasar dalam mengevaluasi pelaksanaan PPKM. Seperti peningkatan dan penurunan kasus aktif, kematian, dan kesembuhan.




    "Berdasarkan kasus aktif sebanyak 46 kabupaten/kota mengalami peningkatan, 24 kabupaten/kota menurun, dan tiga kabupaten kota tidak mengalami peningkatan," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 21 Januari 2021.

    Baca: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 8 Februari, Ini Alasannya

    Selanjutnya berdasarkan indikator kematian, sebanyak 44 kabupaten/kota mengalami peningkatan dan 29 kabupaten/kota mengalami penurunan. Kemudian berdasarkan indikator kesembuhan terdapat 37 kabupaten/kota mengalami penurunan dan 36 kabupaten/kota mengalami peningkatan.

    "Hasil monitoring ini juga menjadi dasar perpanjangan pembantasan kegiatan masyarakat sampai dua minggu mendatang sebagaimana secara resmi telah disampaikan Kementerian Dalam Negeri," ucap dia.

    Wiku menekankan masyarakat harus bersungguh-sungguh menerapkan protokol kesehatan selama masa perpanjangan PPKM. Kebijakan tersebut diperpanjang hingga 8 Februari 2021.

    "Dimohon setiap daerah bisa menyesuaikan intervensi pandemi covid-19 sesuai situasi dan kondisi terkini. Hasil monitoring dan evaluasi ini mencerminkan perlu penambahan strategi dengan memanfaatkan kekuatan negara, yaitu budaya gotong royong," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id