DPR Ajak Influencer Perangi Covid-19

    Cindy - 04 Desember 2020 13:58 WIB
    DPR Ajak <i>Influencer</i> Perangi Covid-19
    Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (kiri). Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengajak para pemimpin maupun tokoh masyarakat untuk memainkan peran influencer mengatasi covid-19. Ini perlu digaungkan mengingat penambahan harian kasus covid-19 di Indonesia mencapai 8.369 pada Kamis, 3 November 2020.

    "Para pemangku kepentingan saling memberikan contoh menggaungkan 3M (Menjaga jarak, Memakai masker, dan Mencuci tangan), cara hidup sehat, cukup tidur dan makan, minum air putih, meditasi, olahraga, membuat aturan, dan tegakkan aturan," kata Azis lewat keterangan tertulis, Jumat, 4 Desember 2020.

    Azis mengatakan peran influencer sangat penting. Mereka dapat memengaruhi dan mengajak masyarakat untuk mengubah perilaku di masa pandemi covid-19.

    Influencer, kata dia, bisa dari tingkat lurah, camat, bupati, kiai, pemimpin gereja, pemimpin adat, pengusaha yang berpengaruh hingga selebgram di Instagram, Youtube, Facebook, dan Twitter. Mereka yang memiliki pengaruh harus diajak berkolaborasi menanggulangi covid-19.

    "Influencer akan memberikan manfaat dengan membangun trust (kepercayaan), meningkatan kepedulian, efektif, tepat mengenai target masyarakat yang dibutuhkan saat ini," ucap dia.

    Baca: Surya Paloh Pulih dari Covid-19

    Azis mencontohkan influencer dapat memberi pesan kepada masyarakat untuk selalu memakai masker, berbicara menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Menurut dia, pendekatan dengan cara influencer role model ini dapat disesuaikan dengan karakter wilayah masing-masing.

    "Di mana di situ ada komunitas pekerjaan, hobi, almamater, bisnis dan perkumpulan lainnya. Di sini peran leader atau orang-orang yang dianggap penting yang bisa memengaruhi," ujar Azis.

    Untuk mencegah penularan covid-19, pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id