Ini Alasan Pemerintah Ambil Alih TMII dari Yayasan Harapan Kita

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 07 April 2021 16:57 WIB
    Ini Alasan Pemerintah Ambil Alih TMII dari Yayasan Harapan Kita
    Salah satu wahana di TMII (foto: MI/Adam Dwi)



    Jakarta: Pemerintah mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita. Rencananya tempat rekreasi yang sudah dikelola yayasan milik keluarga Soeharto selama 44 tahun ini akan disulap menjadi taman budaya bertaraf internasional.

    "Presiden (Joko Widodo) telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi televideo, Rabu, 7 April 2021.






    Ada sejumlah alasan pengambilalihan ini. Salah satunya adalah TMII adalah aset negara, layaknya kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Kemayoran.

    Kedua, kawasan yang berstatus aset negara itu dikelola sesuai kebutuhan masyarakat dan berkontribusi pada keuangan negara.

    TMII merupakan aset negara berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 51 Tahun 1977. Yayasan Harapan Kita telah mengelola TMII selama hampir 44 tahun.

    Selain itu, pengambilalihan ini agar TMII ke depan bisa lebih baik. Sebelum pengambilalihan telah dilakukan audit keuangan dari tim legal Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), hingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

    "Rekomendasinya adalah harus ada pengelolaan yang lebih baik dari Kemensetneg pada aset negara," ujar Setya.
     
    Rencananya, tempat rekreasi itu akan dipoles menjadi taman budaya bertaraf internasional. "Bisa menjadi kawasan culture theme park berstandar internasional. Kita harapkan bisa menjadi jendela Indonesia di mata internasional," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi televideo, Rabu, 7 April 2021.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id