Kemenkes: Vaksinasi 300 Ribu Nakes Ditunda

    Fachri Audhia Hafiez - 16 Februari 2021 16:50 WIB
    Kemenkes: Vaksinasi 300 Ribu Nakes Ditunda
    Ilustrasi: Medcom.id


    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat masih ada tenaga kesehatan (nakes) yang belum tuntas divaksinasi covid-19. Nakes sejatinya menjadi kelompok prioritas penerima vaksin covid-19

    "Ada sekitar 300 ribu yang mengalami tunda," kata juru bicara vaksinasi covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, dalam acara bertajuk 'Vaksinasi Tahap Kedua di Depan Mata' secara virtual, Selasa, 16 Februari 2021.




    Klasifikasi alasan penundaan divaksin meliputi nakes penyintas covid-19, pengidap alergi, hipertensi, imunokompromais atau tidak mampu respons imun normal, dan penderita infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Nakes penderita penyakit penyerta atau komorbid, kontraindikasi, ibu hamil, dan menyusui juga ditunda vaksinasinya.

    Baca: Ngotot Tolak Vaksinasi Covid-19? Siap-siap Kena Sanksi

    Menurut Nadia, saat ini 1,1 juta nakes telah menerima vaksin covid-19 dosis pertama. Sebanyak 500 ribu petugas kesehatan sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

    Nadia memastikan vaksinasi untuk petugas kesehatan akan lebih cepat selesai dari target. Program ini awalnya ditargetkan selesai akhir Februari 2021.

    "Tampaknya akan lebih cepat ya karena program vaksinasi covid-19 untuk pelayanan publik dan lansia dimulai Rabu, 17 Februari 2021," ujar Nadia.

    Kemenkes memulai vaksinasi tahap dua pada Rabu, 17 Februari 2021, dengan sasaran 38 juta jiwa. Tahapan ini ditargetkan rampung April 2021.

    Pemerintah sudah mendata kelompok yang masuk dalam kategori prioritas pemberian vaksin tahap dua. Kelompok ini meliputi lanjut usia (lansia), pedagang pasar, tenaga pengajar atau pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, dan aparatur sipil negara (ASN).

    Personel keamanan, petugas pariwisata, pelayanan publik, dan pekerja tranportasi publik turut bakal divaksinasi. Atlet, wartawan, dan pekerja media juga menjadi bagian dari prioritas pemberian vaksin covid-19 tahap dua.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id