Sertifikasi Halal Vaksin Sinovac Diyakini Mulus Bila Efikasi Terbukti

    Anggi Tondi Martaon - 08 Januari 2021 10:54 WIB
    Sertifikasi Halal Vaksin Sinovac Diyakini Mulus Bila Efikasi Terbukti
    Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta: Efikasi dan kehalalan vaksin covid-19 dari Sinovac masih dikaji. Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meyakini vaksin asal Tiongkok tersebut dapat sertifikasi halal bila memiliki manfaat.

    "Kalau vaksinnya sudah melalui uji klinis dan dinyatakan tingkat efikasinya jelas, maka kehalalan sudah seharusnya diberikan," kata Ace saat dihubungi, Jumat, 8 Desember 2021.

    Politikus Golkar itu menilai vaksin covid-19 tetap bisa digunakan meskipun mengandung unsur yang tidak halal. Sebab, penggunaan vaksin untuk menyelematkan jiwa manusia.

    Apalagi, Islam memegang prinsip keselamatan jiwa menjadi prioritas. Sehingga, dalam kondisi darurat, hal terlarang diperbolehkan untuk digunakan atau dilakukan.

    "Dalam prinsip qawaidul fiqhiyah, Adh-Dharurat Tubihu Al-Mahzhurat. Artinya dalam kondisi darurat, hal-hal yang terlarang dibolehkan," tutur dia.

    Ketentuan tersebut diperkuat lewat surat Al-Baqarah ayat 173. Ayat tersebut berbunyi, Barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    Selain itu, masyarakat menunggu keputusan kehalalan vaksin covid-19 dari Sinovac. Dia berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan sertifikasi halal.

    "Sehingga diharapkan dengan keluar fatwa halal dari MUI masyarakat tidak perlu ragu menggunakan vaksin itu," ujar dia.

    Komisi Fatwa dan Urusan Halal MUI menjadwalkan sidang fatwa hari ini, Jumat 8 Januari 2021. Sebelumnya, kehalalan vaksin Sinovac dibedah oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id