Langkah Aceh Mengurangi Kasus Covid-19

    Nur Azizah - 29 Mei 2020 19:15 WIB
    Langkah Aceh Mengurangi Kasus Covid-19
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Aceh menjadi salah satu provinsi yang berhasil memperlambat laju pertumbuhan kasus covid-19 (korona). Bahkan, kurva kasus positif di Aceh relatif landai hingga menurun.

    Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan salah satu kunci memperlambat pertumbuhan kasus dengan kerja sama antara pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Ia mengatakan Provinsi Aceh lebih cepat dan terpadu menangani kasus korona.

    "Awal-awal kita fokus memulangkan mahasiswa Aceh yang ada di Provinsi Hubei China yang sudah kita lakukan pada akhir Januari 2020. Kemudian, kami cepat menyiapkan sarana dan prasarana penanganan covid-19," kata Nova dalam video konpersnya di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Jumat, 29 Mei 2020.

    Pemda Aceh juga langsung membentuk pusat informasi dan menunjuk rumah sakit rujukan covid-19. Hal ini didukung dengan sikap masyarakat Aceh yang dinilai reaktif dan overprotektif.

    "Bahkan, kami sempat memberlakukan jam malam sebelum daerah lain menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Awalnya masyarakat Aceh memang kurang yakin adanya covid-19 di Aceh namun sesudah adanya satu orang warga positif, kemudian masyarakat Aceh lebih antisipatif, lebih kuat, dan lebih disiplin," papar dia.

    Toko masyarakat turut menyiapkan lahan untuk menguburkan korban Covid-19. Pemerintah daerah juga berhasil membangun sistem kesiapsiagaan petugas yang dikoordinasi dinas kesehatan kabupaten kota.

    "Sehingga semua yang dicurigai tidak ada yang lolos," tutur dia.

    Aceh tidak melaporkan kasus baru korona per Jumat, 29 Mei 2020. Kota Serambi Mekkah ini juga hanya melaporkan satu kasus pada Kamis, 28 Mei 2020.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id