MUI: Panic Buying dan Menyebar Hoaks Korona Haram

    Yurike Budiman - 19 Maret 2020 21:54 WIB
    MUI: <i>Panic Buying</i> dan Menyebar Hoaks Korona Haram
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni'am Sholeh menyebut belanja berlebihan karena panik (panic buying) di tengah wabah korona hukumnya haram. Termasuk menyebar berita bohong tentang korona.

    "Waspada penting tapi aktivitas yang menyebabkan kepanikan dengan cara memborong sembako, memborong masker dan menyebar info terkait covid-19 yang menyebabkan ketakutan tapi itu hoaks, hukumnya haram," kata Asrorun, Kamis, 19 Maret 2020.

    Menurut Asrorun, semua orang memiliki tanggung jawab untuk mencegah penyebaran virus yang pertama kali di Wuhan, Tiongkok tersebut. "Ini bagian dari tugas keagamaan jangan sampai kemudian kita menyebabkan kepanikan," kata dia.

    Baca: Dua Pasien Positif Korona RSPI Sulianti Saroso Masuk ICU

    Asrorun juga mengingatkan masyarakat hal penting lain yang patut dilakukan yakni meningkatkan ketakwaan, ibadah dan doa. Hal ini penting dilakukan agar masa pandemi di dunia, khususnya Indonesia bisa segera berlalu.

    "Munajat kepada Allah agar kita diselamatkan dari musibah. Agar musibah ini segera hilang dan bisa kembali normal menjalani kegiatan ibadah dan aktivitas publik lainnya," kata Asrorun.

    MUI: <i>Panic Buying</i> dan Menyebar Hoaks Korona Haram
    Ilustrasi - Medcom.id.

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah virus korona. Fatwa tersebut memperbolehkan masyarakat mengganti salat Jumat dengan salat Zuhur demi mencegah penyebaran covid-19.

    Jumlah pasien positif terjangkit virus korona di Indonesia terus bertambah. Untuk hari ini penambahan mencapai 82 kasus.
     
    Penambahan kasus terbanyak berada di DKI Jakarta sebanyak 52 orang. Total pasien positif korona per Kamis, 19 Maret 2020 mencapai 309 pasien, 15 orang sembuh dan 25 orang dinyatakan meninggal.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id