Pemerintah Harus Menjaga Wibawa Dalam Penanganan Korona

    Anggi Tondi Martaon - 14 Mei 2020 19:22 WIB
    Pemerintah Harus Menjaga Wibawa Dalam Penanganan Korona
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah diminta serius menangani wabah virus korona. Ini perlu dilakukan untuk menjaga wibawa pemerintah di mata masyarakat.

    "Bayangkan kalau pemerintah kehilangan kehormatan, kehilangan kepercayaan, bagaimana ini," kata Pengamat Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI) Riant Nugroho saat diskusi virtual yang diselenggarakan oleh News Research Center (NRC) di Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.

    Setidaknya ada dua hal yang harus dilakukan oleh pemerintah. Pertama konsisten membuat kebijakan. Kebijakan yang diambil tidak boleh bersifat kompromi. 

    "Kompromi kita akan diketawakan saja. Kemaren enggak boleh mudik, terus boleh mudik, akhirnya pemerintah sebagai pembuat kebijakan kehilangan kehormatan," ungkap dia.

    Selanjutnya, pemerintah harus memiliki satu sosok yang mampu memimpin penanganan wabah virus ini. Semua koordinasi harus melalui persetujuannya.

    "Jadi satu orang harus ditunjuk sebagai chief operating officer. Dia mempunyai kemampuan untuk membuat kebijakan yang dia punya kewibawaan. Who ever, silahkan mention," sebut dia.

    Baca: Pemerintah Dinilai Mulai Kelelahan Menangani Virus Korona

    Namun, kenyataanya dirinya belum melihat sosok yang dimaksud. Meski pemerintah menunjuk Doni Monardo sebagai Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tapi kewenangannya sangat terbatas.

    "Wong dia (Doni Monardo) ga bisa bergerak apa-apa gitu loh," sebut dia.

    Dia meyakin penanganan akan lebih baik jika kontrol kebijakan dipegang oleh satu orang. Sehingga, penanganan wabah covid bisa dilakukan dengan maksimal dan kepercayaan warga terhadap pemerintah semakin bertambah.

    "Ini harus kita kerjakan segera dan ga bisa diserahkan kepada tim sirkus yang ada saat ini," ujar dia.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id