Jusuf Kalla: Tidak Benar Terjadi Deindustrialisasi

    Achmad Zulfikar Fazli - 15 April 2019 12:08 WIB
    Jusuf Kalla: Tidak Benar Terjadi Deindustrialisasi
    Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan. (Foto: Dok./Setwapres)
    Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menepis adanya deindustrialisasi di Indonesia. Sektor industri masih berkontribusi tertinggi dalam pendapatan nasional.

    "Dalam beberapa hari ini dan juga sebelumnya, banyak dikatakan di Indonesia telah terjadi deindustrialisasi. Sebenarnya tentu berdasarkan angka-angka itu tidak terlalu benar," ujar JK dalam acara Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Senin, 15 April 2019.

    Deindustrialisasi adalah proses kebalikan dari industrialisasi. Artinya, penurunan kontribusi sektor manufaktur alias industri pengolahan nonmigas terhadap produk domestik bruto (PDB).

    JK menyampaikan berdasarkan keterangan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, sektor industri kurang lebih rata-rata menyumbang 21,30 persen pada PDB Indonesia. Hal itu terjadi dalam rentang waktu tiga tahun belakangan ini.

    Baca juga: Cek Fakta: Indonesia Tidak Sedang Deindustrialisasi

    "Artinya adalah, industri tetap yang tertinggi, sektor tertinggi dalam pendapatan nasional. Karena itulah maka industri tetap berkembang tak akan terjadi deindustrialisasi," tegas dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id