Total Basarnas Evakuasi 308 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ-182

    Fachri Audhia Hafiez - 18 Januari 2021 01:00 WIB
    Total Basarnas Evakuasi 308 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ-182
    Personel TNI AL dikirim ke lokasi diduga pesawat Sriwijaya Air jatuh, Sabtu, 9 Januari 2021. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman


    Jakarta: Proses evakuasi korban dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 telah memasuki hari kesembilan. Total 308 kantong jenazah yang berhasil dikumpulkan untuk diidentifikasi Disaster Victim Identification (DVI) Polri.

    "Total temuan obyek pencarian sebanyak 308 human body remains," kata Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Jakarta Utara, Minggu, 17 Januari 2021.




    Menurut dia, Basarnas juga menemukan 58 serpihan kecil pesawat dan 54 potongan besar. Nantinya, potongan pesawat ini diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk diinvestigasi.

    Baca: 29 Korban Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182 Teridentifikasi

    Hasil operasi SAR per hari ini mendapatkan 10 kantong jenazah. Selain itu, ada empat serpihan pesawat dan tiga potongan besar pesawat diangkat dari bawah permukaan laut.

    Penyelam telah bekerja sejak pukul 06.00 hingga 17.30 WIB. Hasil pencarian itu didapat berkat pelibatan rigid inflatable boat (RIB) Basarnas dan KRI Kurau. 

    Tim masih mencari cockpit voice recorder (CVR) Sriwijaya Air SJ-182. Tim baru menemukan bagian pelindung atau casing CVR.

    CVR dan flight data recorder (FDR) menjadi dua komponen dari black box atau kotak hitam pesawat yang tak bisa dipisahkan dalam investigasi penyebab kecelakaan. Saat ini, baru FDR yang berhasil ditemukan.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id