Manut Kominfo, YouTube Blokir Konten Paul Zhang

    Antara - 20 April 2021 08:29 WIB
    Manut Kominfo, <i>YouTube</i> Blokir Konten Paul Zhang
    Jozeph Paul Zhang yang mengaku nabi ke-26/YouTube



    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melayangkan surat pada YouTube terkait Paul Zhang. Kementerian yang dipimpin Johnny G Plate ini meminta konten Paul diblokir, karena berisi ujaran kebencian.

    "Pada tanggal 19 April 2021, tujuh konten di YouTube tersebut telah diblokir dan tidak dapat diakses lagi oleh warganet," kata juru bicara Kominfo Dedy Permadi dalam keterangan tertulis, Selasa, 20 April 2021.






    Salah satu konten Paul yang diblokir ialah 'Puasa Lalim Islam' yang kontroversial. Dedy mengatakan pihaknya terus melakukan patroli siber mendeteksi konten lain milik Paul.

    Baca: Polisi Virtual Disebut Sudah Memantau Video Paul Zhang Sebelum Viral

    Kominfo bakal meminta pengelola platform terkait melakukan pemblokiran jika ditemukan konten serupa. Masyarakat diminta tetap tenang dan melapor ke aduankonten.id jika menemukan konten yang melanggar undang-undang.

    Paul Zhang disangkakan melanggar Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Pasal 28 Ayat (2) juncto Pasal 45A. Paul terancam kurungan maksimal 6 tahun atau denda paling banyak Rp1 miliar.

    Dedy mengatakan pasal tersebut bisa diterapkan. Meski, Paul tercatat berada di luar Indonesia sejak 2018. 

    Pasalnya, aturan tersebut memiliki asas ekstrateritorial, atau berlaku bagi pihak yang melakukan perbuatan hukum di dalam maupun di luar wilayah hukum Indonesia. Beleid ini juga berlaku jika perbuatan memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia, serta merugikan kepentingan Indonesia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id