5 Ton Bantuan Bagi Warga NTT Disalurkan Melalui Udara

    Theofilus Ifan Sucipto - 15 April 2021 16:47 WIB
    5 Ton Bantuan Bagi Warga NTT Disalurkan Melalui Udara
    Kerusakan akibat banjir bandang di NTT. Foto: AFP/Joy Christian



    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan lima ton bantuan bagi korban banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bantuan disalurkan dengan helikopter.

    “Helikopter milik BNPB berjenis Kamov PK-IKR berhasil mendaratkan bantuan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan tertulis, Kamis, 15 April 2021.






    Menurut dia, distribusi bantuan lewat jalur udara ini sesuai instruksi Kepala BNPB Doni Monardo. Penyaluran dengan helikopter guna mempercepat penanganan banjir bandang di NTT.

    “Mengingat kondisi jalur darat yang masih belum memadai,” ujar dia.

    Baca: BNPB Berupaya Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat

    Bantuan langsung dibagikan kepada warga terdampak bencana melalui kepala desa atau tokoh masyarakat. Pembagian berdasarkan data kependudukan dan akan diserahkan kepada kepala keluarga masing-masing.

    Sejauh ini, kata Raditya, ada enam helikopter yang dikerahkan BNPB. Helikopter ini tak hanya berfungsi mendistribusikan logistik.

    “Helikopter juga difungsikan untuk mengangkut para korban yang membutuhkan pertolongan darurat serta bantuan medis,” papar dia.

    Raditya mengatakan dalam operasi udara, BNPB dibantu Satuan Tugas TNI Angkatan Udara. Mereka memfasilitasi pengiriman bantuan dari donatur dan relawan ke wilayah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat.

    “Dengan menjaga sinergitas ini, diharapkan percepatan penanganan banjir bandang bisa dilakukan dengan baik dan tepat,” tutur Raditya.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id