Yayasan Harapan Kita Terima Pengambilalihan TMII oleh Pemerintah

    Kautsar Widya Prabowo - 11 April 2021 16:17 WIB
    Yayasan Harapan Kita Terima Pengambilalihan TMII oleh Pemerintah
    Pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah. Foto: Medcom.id/Muhammad Al Hasan



    Jakarta: Yayasan Harapan Kita menghormati keputusan Presiden Joko Widodo untuk mengambilalih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Keputusan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII. 

    "Kami menerima dengan tangan terbuka pelaksanaan perpres ini demi menuntaskan proses transisi yang akan dilaksanakan bersama-sama," ujar Sekretaris Yayasan Harapan Kita, Tria Sasangka Putra, dalam telekonferensi di akun Youtube CendanaTV, Minggu, 11 April 2021. 






    Menurut dia, Yayasan Harapan Kita siap melaksanakan penugasan dari negara berdasarkan pepres tersebut. Hal itu sesuai dengan visi dan misi yang diamanatkan pendiri Yayasan Harapan Kita sekaligus istri Presiden ke-2 Soeharto, Tien Soeharto.

    "Harapan (kita) upaya pemerintah mengambil alih pengelolaan TMII tidak menganggu berbagai upaya memperkokoh budaya bangsa kita," jelas dia.

    Baca: Transisi Pengelolaan TMII Tak akan Ganggu Hak Pegawai

    Tria menerangkan TMII menjadi tungku peleburan seni dan budaya di Tanah Air yang wajib dilestarikan. TMII juga menggambarkan filosofi dari semboyan bangsa Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika. 

    "Di sini tempat pelestarian itu kami bina dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Selama perjalanan 44 tahun merupakan suatu kehormatan mendapatkan penugasan dari negara, yang tentunya penuh dinamika dan perjuangan luar biasa," tutur dia.

    Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengambil alih pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita. TMII dianggap sebagai aset negara berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 51 Tahun 1977 tentang TMII Dimiliki Negara dan Dikelola oleh Yayasan Harapan Kita. 

    "Presiden telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam telekonferensi, Rabu, 7 April 2021.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id