212 Sukarelawan Disuntikkan Calon Vaksin Covid-19

    Nur Azizah - 11 September 2020 14:27 WIB
    212 Sukarelawan Disuntikkan Calon Vaksin Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Ratusan sukarelawan bakal disuntikkan calon vaksin covid-19. Total sukarelawan yang disuntikkan calon vaksin covid-19 mencapai 672 orang bila proses penyuntikan berjalan lancar.

    "Sebelumnya relawan yang sudah disuntik ada 460 orang. Hari ini rencananya kalau semua memenuhi kriteria akan ada penambahan 212 subjek," kata juru bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Unpad Rodman Tarigan kepada Medcom.id, Jakarta, Jumat, 11 September 2020.

    Lokasi penyuntikan tersebar di enam lokasi. Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, Puskesmas Ciumbuleuit, dan Puskesmas Sukapakir.

    Penyuntikan dilaksanakan setiap Selasa dan Jumat. Sukarelawan tidak akan diberi tahu apakah cairan plasebo atau vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuhnya.

    "Dalam uji klinis ini terdapat dua kelompok, ada yang mendapat plasebo, ada yang mendapat vaksin. Uji klinis ini dilakukan dengan prinsip observer blind/tersamar, sehingga tidak diketahui mana yang dapat plasebo dan mana yang dapat vaksin," jelasnya.

    Baca: Seorang Sukarelawan yang Disuntik Calon Vaksin Terinfeksi Covid-19

    Kekebalan tubuh diharapkan terbentuk dalam dua minggu setelah diberikan suntikan kedua calon vaksin covid-19. Namun, sukarelawan tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

    "Setelah disuntik relawan juga dilarang keluar kota Bandung karena kesehatan mereka masih akan dipantau selama enam bulan pasca suntikan terakhir. Jadi, uji klinis ini masih panjang," ungkap Rodman.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id