JK Sebut Bantuan Tunai Lebih Efektif Ketimbang Sembako

    Ilham Pratama Putra - 19 Mei 2020 13:41 WIB
    JK Sebut Bantuan Tunai Lebih Efektif Ketimbang Sembako
    Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Tangkapan layar Zoom
    Jakarta: Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK) menilai bantuan langsung tunai (BLT) lebih efektif ketimbang pemberian beras atau sembako di masa pandemi virus korona (covid-19). Uang tunai bisa digunakan untuk keperluan yang lebih mendesak. 

    "Jadi bentuk tunai lebih efektif, lebih fleksibel untuk menghidupkan ekonomi wilayah," kata JK dalam konferensi video, Selasa, 19 Mei 2020.

    Menurut JK, pemberian bantuan beras atau sembako tak lantas mengatasi kesulitan masyarakat di tengah pandemi. Masyarakat membutuhkan jaminan kehidupan yang lebih nyata di masa sulit seperti saat ini.

    "Jaminan kehidupan ini lebih kepada bantuan langsung tunai, karena kebutuhan masyarakat berbeda-beda, itu yang lebih efektif," ungkap JK.

    JK juga meminta pemerintah lebih tegas dalam mengatur masyarakat di masa pandemi agar lebih disiplin. Menurut JK, penerapan sanksi lebih tegas bisa dilakukan terhadap warga yang tidak mematuhi aturan pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran korona.

    "Pengalaman kita disiplin itu harus ada sanksinya. Kalau selama ini hanya imbauan, buktinya sekarang jalan ramai, pasar ramai. Akibatnya masalah akan lebih lama," ujarnya.

    Baca: Din Syamsuddin Minta Pemerintah Konsisten Terapkan PSBB

    Menurut JK, ketika masyarakat bisa disiplin, secara otomatis penanganan kesehatan bisa dilakukan lebih cepat. Bagaimana pun, kata dia, setiap kebijakan saat ini harus fokus mengatasi persoalan kesehatan.

    "Kan yang menjadi tujuan utama, prioritasnya masalah kesehatan. Ini salah satu caranya. Di saat kedisiplinan ini longgar lebih lama, maka persoalan akan lebih banyak. Tak hanya kesehatan saja, tapi krisis ekonomi, sosial akan makin lama," ucap JK.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id