297 Bencana Melanda Indonesia Sepanjang Januari

    Nur Azizah - 01 Februari 2020 09:51 WIB
    297 Bencana Melanda Indonesia Sepanjang Januari
    Ilustrasi banjir/MI/Bary F
    Jakarta: Ratusan bencana melanda Indonesia sepanjang Januari 2020. Setidaknya, 297 bencana menyebabkan 93 orang meninggal dan hilang.

    Sebanyak 56 persen di antaranya merupakan anak-anak dan lansia. Sedangkan 22 persen korban merupakan remaja dan 20 persen dewasa.

    Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menjelaskan provinsi Jawa Barat merupakan daerah dengan korban jiwa terbanyak selama periode Januari 2020. Korban mencapai 28 jiwa. 

    "Kedua, Banten dan DKI Jakarta. Sebanyak 92 persen korban jiwa akibat kejadian banjir. Kejadian banjir Jabodetabek merupakan kejadian yang paling banyak menimbulkan korban jiwa, yaitu 62 orang," kata Agus melalui keterangan tertulis, Sabtu, 1 Februari 2020.

    Di sisi lain, terjadi pula 14 kasus kebakaran hutan dan lahan, 111 banjir, 60 tanah longsor, dua gelombang pasang. Bencana hidrometeorologi mendominasi kejadian bencana di awal 2020. Beberapa wilayah di Indonesia dilanda banjir dan tanah longsor cukup parah. 

    "Di antaranya banjir di Jabodetabek, banjir dan tanah longsor di Sukajaya Kabupaten Bogor, banjir dan tanah longsor di Lebak-Banten, dan banjir di Kabupaten Bandung," terang dia.

    Sedangkan 110 kali puting beliung juga terjadi di Indonesia. Salah satunyya, di Kabupaten Sukabumi.  Selain itu, kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain di Provinsi Aceh, Riau, Maluku, dan Kalimantan Timur.

    Bencana pada 2020 memang lebih sedikit ketimbang 2019 yang mencapai 434 kejadian dan menewaskan 105 orang. Sedangkan gempa berakibat rusaknya rumah dan fasilitas umum pada 2019 terjadi 15 kali. Sebanyak empat di antaranya dipicu aktivitas subduksi.

    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id