Anggaran Mudik Gratis Diusulkan Dialihkan untuk Kebutuhan Lebaran

    Fachri Audhia Hafiez - 26 Maret 2020 16:44 WIB
    Anggaran Mudik Gratis Diusulkan Dialihkan untuk Kebutuhan Lebaran
    Ilustrasi mudik. ANT/Didik Suhartono
    Jakarta: Pakar transportasi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Djoko Setijowarno, menilai anggaran mudik gratis Lebaran 2020 oleh kementerian/lembaga bisa dialihkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya, mereka yang biasa memanfaatkan layanan mudik gratis.

    "Bagi warga yang tidak bisa ikut mudik gratis, anggaran mudik gratis dialihkan untuk memberikan bantuan paket lebaran dalam bentuk voucher," kata Djoko kepada Medcom.id, Kamis, 26 Maret 2020.

    Djoko mengatakan layanan mudik gratis pada umumnya dinikmati masyarakat menengah ke bawah. Namun, di tengah pandemi virus korona (covid-19), pemerintah menginstruksikan layanan mudik gratis ditiadakan.

    "Padahal kelompok ini paling rentan miskin dan butuh bantuan (layanan mudik gratis)," ujar Djoko.

    (Baca: Mereka yang mudik dinilai membutuhkan bantuan)

    Seluruh masyarakat diharapkan memahami kondisi ini. Sekaligus mematuhi imbauan pemerintah tidak melakukan perjalanan mudik ke berbagai daerah.

    Djoko mengatakan masyarakat bisa silaturahmi dengan memanfaatkan layanan media sosial. "Warga dapat menggunakan video call," ujar dia.

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah resmi menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020. Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus korona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak 29 Februari 2020 hingga 29 Mei 2020.

    Mudik gratis melalui jalur darat dan kapal penyeberangan juga akan dihapuskan. Kementerian, lembaga, dan swasta juga diimbau tidak menyelenggarakan mudik gratis. Langkah ini guna mencegah masyarakat pulang kampung dan menekan penyebaran virus korona.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id