Orangtua Harus Menjadi Teladan Anak di Tengah Wabah Korona

    Theofilus Ifan Sucipto - 19 Maret 2020 13:41 WIB
    Orangtua Harus Menjadi Teladan Anak di Tengah Wabah Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Para orangtua harus menjadi teladan bagi anak di tengah wabah virus korona. Orangtua diharapkan memberi pengertian kepada anak mengenai sebab dan akibat serta pencegahan covid-19.

    “Orangtua harus disiplin (mencegah covid-19). Jangan anak diminta disiplin tapi orangtua tak melakukan hal itu,” kata psikolog dari Universitas Indonesia Rose Mini Agoes Salim dalam teleconference di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 19 Maret 2020.

    Rose mengatakan anak usia balita dan batita kerap bertanya mengapa tidak boleh keluar rumah. Orangtua perlu menjelaskan alasannya dengan ringkas tanpa menakut-nakuti psikologis anak seperti menggunakan boneka atau video lucu.

    Baca: Pasien Positif Korona di Jakarta Jadi 208 Orang, 17 Meninggal

    Rose juga mengimbau orangtua tidak panik menghadapi situasi covid-19. Kepanikan sangat mudah menular dari orangtua ke anak. “Jangan memberi informasi bahwa kena korona pasti akan mati. Tidak layak (informasi itu) untuk anak,” ujar Rose.

    Rose meminta orangtua menjelaskan sisi lain covid-19. Misalnya, fokus pada jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dan memberi penjelasan virus itu bisa dicegah dengan pola hidup sehat.

    “Dengan berolahraga di rumah dan makan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencontohkan hal tersebut,” ujar Rose.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id