Kunci Sukses Hadapi Ujian

    Pelangi Karismakristi - 04 Desember 2016 08:01 WIB
    Kunci Sukses Hadapi Ujian
    (Foto:Getty Images)
    medcom.id, Jakarta: Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, lalu bersenang-senang kemudian. Sebelum mencapai kebahagiaan, seseorang harus berusaha terlebih dahulu. Begitu juga bagi Anda yang hendak menaiki jenjang tertentu, harus melalui ujian.

    Berhasil melalui ujian atau tes merupakan suatu capaian yang membanggakan. Apalagi jika hasilnya pun gemilang. Tapi perlu diingat bahwa mereka yang sukses melampauinya tentu saja harus melakukan berbagai upaya.

    Agar Anda lolos ujian, perlu memperhatikan delapan kunci suksesnya, berikut ini.

    1. Pelajari materi ujian

    Belajar merupakan kunci utama seseorang berhasil lolos ujian. Belajarlah dengan cerdas. Anda tak perlu membuka lagi seluruh lembaran pelajaran yang pernah diterima dari beberapa waktu lalu. Cukup pelajari saja kisi-kisi ujian. Pelajari dengan baik, ini akan mengembalikan ingatan Anda mengenai hal-hal yang pernah dipelajari sebelumnya.

    2. Bagi waktu belajar dalam beberapa sesi

    Mendekati waktu ujian, bukan berarti Anda harus belajar sepanjang hari. Otak juga butuh istirahat. Oleh karena itu, bagi waktu belajar dalam beberapa sesi. Misalnya,dalam satu sesi patok waktu 20-30 menit. Fokus pada satu topik setiap sesinya. Istirahat sejenak jika waktu yang ditentukan habis. Manfaatkan waktu rehat sebaik mungkin.

    3. Rapikan ruangan

    Pastikan meja belajar dan ruangan tertata rapi. Meja dan ruangan yang rapi dapat memicu hasrat belajar. Pastikan ruangan tempat Anda belajar memiliki pencahayaan yang cukup, kursi nyaman, dan sirkulasi udara yang baik.

    4. No gadget

    Kesampingkan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian saat belajar. Misalnya, gadget dan media sosial. Biasanya orang lupa waktu jika sudah memegang gadget dan berselancar di media sosial.

    5. Belajar kelompok

    Ini bisa menjadi cara belajar yang efektif. Ajak beberapa teman Anda, empat atau lima orang, untuk belajar bersama. Hal yang bisa dilakukan, misalnya membuat kuis kecil-kecilan mengenai soal ujian. Dengan cara seperti ini akan membuat semangat belajar terpompa dan menumbuhkan rasa optimistis.

    6. Baca soal dengan baik

    Ketika soal dibagikan oleh penguji dan telah diizinkan membukanya, disarankan Anda membuka lembaran soal untuk mengetahui garis besar pertanyaan. Hal ini bisa membantu membuka memori terkait pelajaran yang telah dipelajari. Bila merasa mengerti sebagian besar jawaban, Anda akan lebih semangat dan yakin dalam mengerjakan. Hal ini juga untuk menghindari kerusakan atau kekurangan lembar soal.

    7. Kerjakan soal yang mudah

    Bila menemui soal yang belum bisa Anda jawab, jangan panik. Lebih baik Anda melewatinya dan mengerjakan soal yang Anda anggap mudah terlebih dahulu. Ini akan membantu efisiensi waktu. Dan bila soal telah terjawab semua, Anda bisa pikirkan jawaban untuk pertanyaan yang sukar.

    8. Optimistis

    At last but not least, keyakinan dibutuhkan oleh setiap orang yang sedang bertarung melalui ujian. Yakin dan optimistis bahwa Anda telah berusaha dengan baik. Kalau Anda merasa grogi, tak usah khawatir. Bukan diri Anda seorang yang merasakannya. Dan tentu saja, jangan lupa berdoa. Kekuatan doa tidak bisa Anda remehkan.

    Tips tersebut akan sangat membantu para peserta ujian tertulis (offline test) 500 finalis Online Scholarship Competition (OSC) with Avitex 2016 yang berlangsung besok, Senin, 5 Desember 2016.

    Offline test akan dilaksanakan di Kuningan City Hall, P7 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan. Pada tahapan ini, peserta akan menghadapi tes dari masing-masing universitas, seperti tes akademik, wawancara, psikotes, dan listening skill.

    Peserta disarankan mempersiapkan fisik dengan baik, karena akan mengikuti rangkaian acara cukup padat, dari pagi hari hingga malam. Offline test akan dilangsungkan pada pukul 08.00-15.00 WIB. Dilanjutkan Awarding Night (pengumuman pemenang) pada pukul 19.00-22.00 WIB.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id