comscore

Antisipasi Banjir Berkepanjangan di Kalteng, Mensos Dirikan Lumbung Sosial

Kautsar Widya Prabowo - 25 November 2021 08:02 WIB
Antisipasi Banjir Berkepanjangan di Kalteng, Mensos Dirikan Lumbung Sosial
Menteri Sosial Tri Rismaharini Medcom.id/Amaluddin
Palangka Raya: Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) akan mendirikan lumbung sosial di Kalimantan Tengah (Kalteng). Pembuatan lumbung sosial itu untuk menghadapi ancaman banjir di Bumi Tambun Bungai yang diprediksi terjadi hingga Februari 2022.

"Mudah-mudahan enggak sampai Maret 2022. Kita harus persiapan, jangan sampai kemudian ada warga yang terisolasi dan tidak bisa mendapatkan makanan karena aksesibilitasnya terputus," ujar Risma saat mengunjungi posko banjir di GOR KONI, Langkai, Pahandut, Palangka Raya, Kalteng, Rabu, 24 November 2021.
Risma bakal mengumpulkan seluruh camat, bupati, wali kota, dan gubernur di Kalteng. Dia akan memetakan mana wilayah yang tepat sebagai lokasi lumbung sosial.

"Besok (Kamis, 25 November 2021) kita akan rapat menyiapkan lumbung sosial, bukan hanya lumbung pangan saja karena di situ ada perahu, ada penjernih air, ada genset yang bisa digunakan warga, ada pampers, dan sebagainya yang bisa digunakan warga," tutur Risma.

Baca: Banjir Palangka Raya Terus Surut, 2.035 Orang Masih Mengungsi

Dia menjelaskan keberadaan lumbung sosial untuk mendukung kebutuhan warga yang berpotensi terisolasi akibat banjir dan tidak bisa ke posko pengungsian. Jumlah titik lumbung sosial menyesuaikan kondisi daerahnya.

"Nanti kan lokasinya per kecamatan, bukan per kabupaten atau kota. Karena itu tadi di sini tidak banjir tapi di tempat lain banjir. Itu yang harus kita siapkan," jelas dia.

Mantan Wali Kota Surabaya itu juga memberikan sejumlah paket sembako kepada warga terdampak banjir. Total bantuan yang disalurkan senilai Rp1.852.457 810.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id