Jambi dan Sumsel Diguyur Hujan Buatan

    Nur Azizah - 17 Oktober 2019 12:03 WIB
    Jambi dan Sumsel Diguyur Hujan Buatan
    Pengendara melintasi Jembatan Muara Sabak yang diselimuti kabut asap karhutla di Muara Sabak Barat, Tanjungjabung Timur, Jambi, Kamis (10/10/2019). ANT/Wahdi Septiawan.
    Jakarta: Beberapa wilayah di Jambi dan Sumatera Selatan diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat kemarin sore, Rabu, 16 Oktober 2019. Hujan turun setelah operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau hujan buatan.

    Hujan turun di wilayah Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan kawasan Muaro Jambi. Curah hujan turun berkisar 1,2-34,4 mm/jam.

    Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC-BPPT) Tri Handoko Seto mengatakan hujan buatan terjadi dari penyemaian NaCL atau garam. Penyemaian dilakukan dalam satu sorti penerbangan pesawat CN-295 membawa NaCL sebanyak 2.400 kilogram.

    "Pertumbuhan awan mulai membaik, berhasil dimanfaatkan secara optimal oleh tim TMC. Ini kerjasama yang baik antara tim BBTMC bersama TNI, BMKG, BNPB dan semua stakeholder," kata Tri dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019.

    Ia berharap asap pekat yang mengganggu kehidupan masyarakat di Sumatra khususnya di Sumsel dan Jambi segera reda. Tri bakal memberangkatkan pesawat Hercules C 130 registrasi A-1326 milik TNI AU ke wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Prabumulih Provinsi Sumsel.  

    Hasil pantauan kualitas udara pukul 18:00-19:00 WIB kemarin, indeks standar pencemar udara di Kota Jambi sudah menunjukkan kualitas sehat. Adapun kualitas udara di Kota Palembang masih 100 miligram/m3.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id