Habibie Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

    Damar Iradat - 12 September 2019 14:19 WIB
    Habibie Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata
    Jenazah Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. ANT/Wahyu Putro
    Jakarta: Almarhum Presiden ketiga Indonesia Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Habibie merupakan presiden pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata.

    Habibie pernah mengutarakan keinginan dimakamkan di samping pusara sang istri, Hasri Ainun Habibie. Ainun yang wafat di Jerman sembilan tahun lalu dimakamkan di pusara 121 TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

    "Di kavling nomor 120, kosong, tempat saya nanti," kata Habibie dalam acara Mata Najwa yang ditayangkan Metro TV pada 2016.

    Tiga Presiden Indonesia telah wafat lebih dulu. Mereka ialah Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, dan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. 

    Ketiganya dimakamkan di kampung halaman masing-masing. Presiden Soekarno yang wafat pada 21 Juni 1970 dimakamkan di Blitar, Jawa Timur. Soekarno dimakamkan di samping makam orangtuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei.

    Presiden Soeharto dimakamkan di Kompleks Pemakaman Astana Giribangun di lereng Gunung Lawu, Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Soeharto yang wafat 27 Januari 2008 dimakamkan berdampingan dengan istrinya, Raden Ayu Siti Hartinah Soeharto atau Tien Soeharto.

    Presiden keempat Indonesia Gus Dur dimakamkan di Kompleks Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Gus Dur dimakamkan di sebelah makam sang kakek, Hasyim Asyari yang juga pendiri Nahdlatul Ulama.

    Habibie wafat di usia 83 tahun. Presiden ketiga Indonesia itu wafat di RSPAD Gatot Subroto, sekitar pukul 18.05 WIB, Rabu, 11 September 2019. 

    Habibie meninggal karena penurunan fungsi organ tubuh dan umur yang menua. Anak bungsunya, Thareq Kemal Habibie menyebut dokter telah berbuat maksimal menangani ayahnya. Thareq juga menyebut Habibie didampingi anak dan cucu saat menghembuskan napas terakhir.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id