comscore

Indonesia Merupakan True Friends dari Rusia dan Ukraina

MetroTV - 29 Juni 2022 17:15 WIB
Indonesia Merupakan <i>True Friends</i> dari Rusia dan Ukraina
Presiden Joko Widodo menggunakan kereta api dari Polandia menuju Ukraina, 28 Juni 2022. Foto: Instagram/Sekretariat Kabinet
Jakarta: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT G7 di Elmau, Pegunungan Alpen, Bavaria, Jerman pada Senin, 27 Juni 2022 waktu setempat. Usai mengikuti KTT, Jokowi bertolak ke Kiev, Ukraina, menggunakan kereta dari Warsawa, Polandia.

Keberangkatan orang nomor satu di Indonesia ke Ukraina bukan tanpa alasan, melainkan untuk menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Kemudian, Jokowi akan melanjutkan lawatannya untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia. Pertemuan presiden dari kedua negara tersebut dilakukan dalam rangka misi perdamaian.
Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Kedeputian V Siti Ruhaini Dzuhayatin menuturkan, tindakan Jokowi disambut baik oleh negara-negara delegasi G7, termasuk Rusia dan Ukraina. Ruhaini menyebut, Indonesia merupakan sahabat dari kedua negara tersebut.

“True friends. Indonesia yang melihat Ukraina sebagai sahabat, kemudian Rusia sebagai sahabat,” ujar Ruhaini dalam tayangan Medcom Hari Ini di Instagram Live @medcomid, Rabu, 29 Juni 2022.

Ruhaini menambahkan true friend tidak hanya mengatakan hal-hal yang baik, namun juga memberi teguran untuk menjadi lebih baik. Sebelumnya, Jokowi pernah mengkritik tindakan Putin karena melakukan gencatan senjata pada Ukraina.
Jokowi menilai serangan militer yang dilayangkan oleh Rusia ke Ukraina bukan hal yang bisa diterima. Namun, pada akhirnya Putin menerima Jokowi karena menganggap Indonesia merupakan true friend. (Hana Nushratu)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id