Koleksi Prangko, Fadli Zon Raih 4 MURI

    Kautsar Widya Prabowo - 01 April 2018 06:09 WIB
    Koleksi Prangko, Fadli Zon Raih 4 MURI
    Fadli Zon (kanan) menerima penghargaan MURI karena hobinya mengoleksi prangko. (Foto Istimewa).
    Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meraih empat rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) terkait hobinya dalam mengoleksi prangko. Hobinya tersebut ia jadikan sebagai wadah dalam membentuk karakter. 

    Fadli yakin filateli berkaitan erat dengan sejarah, geografi, olahraga, seni, dan kebudayaan. Hobi tersebut memiliki nilai tambah karena dapat disetarakan sebagai artefak lantaran minimya penggunaan kartu pos oleh masyarakat saat ini.

    "Mengirim surat elektronik dapat melalui ponsel, tak banyak lagi yang bersurat atau mengirim kartu pos seperti zaman dulu. Benda-benda filateli kini posisinya bahkan tak ada bedanya seperti artefak bagi kajian arkeologi," ujar Fadli Zon dalam siaran persnya, Jakarta, Sabtu, 31 Maret 2018.

    Empat rekor MURI yang diraih Fadli antara lain sebagai kolektor kartu pos bergambar periode Hindia Belanda terlengkap dan terbanyak. Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu berhasil mengumpulkan 5.125 lembar kartu pos dari berbagai daerah di Hindia Belanda (Indonesia) pada waktu itu seperti Batavia (Jakarta), Buitenzorg (Bogor), Sukabumi, Semarang, Surabaya dan lainnya.

    Fadli juga ditetapkan sebagai kolektor Sampul Hari Pertama (SHP) prangko Indonesia terlengkap. Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) itu mengoleksi SHP Indonesia dengan berbagai variasi yang diterbitkan seperti variasi cap tanggal terbit, cachet gambar sampul, hingga cap tanggal kota.

    Kemudian kategori pemilik lukisan prangko Indonesia (artist drawing) terbanyak, baik lukisan prangko yang diterima menjadi prangko atau yang gagal dijadikan sebuah desain prangko. 

    Terakhir, Fadli mendapat rekor sebagai kolektor cetak percobaan (proof) prangko Indonesia terpanjang. Fadli Zon mengoleksi prangko dalam lembaran utuh yang masih menyambung sebanyak 124 lembar atau setara dengan 34,72 meter.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id