PLN Kelompokan Kompensasi Pelanggan Terdampak Pemadaman

    Cindy - 07 Agustus 2019 21:40 WIB
    PLN Kelompokan Kompensasi Pelanggan Terdampak Pemadaman
    Illustrasi. MI/Irfan.
    Jakarta: PT PLN (Persero) bakal memberikan kompensasi terkait pemadaman listrik pada 4-5 Agustus 2019 lalu. Seluruh wilayah yang terdampak bakal mendapat kompensasi. 

    "Kita ada kelompok (kompensasi) A, B, C, untuk (pemadaman) kemarin semua sudah melebihi batasan waktu satu bulan pemadaman," kata Vice President Bisnis dan Pelayanan PT PLN Yudi Wicaksono di acara PrimeTalk Metro TV, Rabu, 7 Agustus 2019. 

    Baca juga: PLN Digugat Ganti Rugi Rp313 Triliun

    Yudi mencontohkan wilayah DKI Jakarta yang memiliki batasan waktu pemadaman tiga jam selama satu bulan. Pemadaman yang dirasakan melebihi tiga jam, pelanggan PLN mendapatkan kompensasi. 

    "Di Jakarta jaringan sudah bagus maka batasan target terkena Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), selama satu bulan lama matinya tidak boleh lebih dari tiga jam. Di daerah lain ada targetnya lima jam dan seterusnya," ucapnya. 

    Kompensasi yang diberikan, kata Yudi, tidak bergantung pada pemakaian listrik pelanggan. Melainkan sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017.  

    "Ada nilai tertentu, jadi tidak tergantung pada pemakaian pelanggan berapa kwh. Sudah tetap (kompensasi) pada golongan tarif tertentu," tutur Yudi. 

    Baca juga: Dahlan Iskan: Nasib PLN Lagi Apes

    Dia menuturkan kompensasi akan diberikan secara otomatis pada tagihan listrik bulan berikutnya. Apabila masyarakat ingin mengetahui secara rinci kompensasi yang diberikan dapat mendatangi kantor PLN terdekat. 

    "Di kantor area bisa, kantor PLN. Website juga bisa dilihat, daerah-daerah tertentu acuannya berapa, nanti disampaikan (lewat website) biar transparan," imbuh Yudi. 

    Jumlah pelanggan terdampak pemadaman listrik 3 Agustus 2019 yakni DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat sebanyak 21,98 juta. Kompensasi yang akan diberikan PLN kepada masyarakat sebesar Rp 839 miliar.  




    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id