Denda Kehilangan Paspor Naik 3 Kali Lipat

    Hendrik Simorangkir - 12 Agustus 2019 18:44 WIB
    Denda Kehilangan Paspor Naik 3 Kali Lipat
    Ilustrasi paspor. Antara
    Tangerang: Pengguna paspor Indonesia harus lebih hati-hati menyimpan dokumen tersebut agar tidak rusak atau hilang. Denda yang dikenakan jika paspor rusak atau hilang naik hingga tiga kali lipat.

    Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyesuaikan sejumlah tarif denda dan pajak. Salah satunya penggantian paspor hilang atau rusak.

    "Saat ini, dendanya naik. Denda untuk paspor hilang yakni Rp1 juta ditambah biaya pembuatan paspor baru Rp350 ribu," ujar Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta Arvin Gumilang saat dikonfirmasi, Senin, 12 Agustus 2019.

    Sebelumnya, denda kehilangan paspor Rp300 ribu. Jika ditambah biaya pembuatan paspor baru Rp355 ribu, pengguna paspor yang rusak atau hilang harus membayar Rp655 ribu untuk memiliki paspor baru.

    Pada periode Januari-Juli 2019, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta mencatat 235 warga melaporkan kehilangan paspor. Sementara paspor yang dilaporkan rusak sebanyak 70 kasus. Kehilangan atau rusak paspor tersebut wajib dikenakan biaya.

    Paspor adalah dokumen negara yang dimiliki oleh negara. Masyarakat bukan sebagai pemilik, tetapi pengguna. Karena itu, konsepnya, jika menghilangkan dokumen negara ada sanksi yaitu denda.

    Selain dikenakan denda, masyarakat yang kehilangan paspor juga harus membuat laporan kehilangan di kepolisian dan membuat berita acara pemeriksaan (BAP) yang disusun petugas keimigrasian.

    "Kalau kehilangan karena musibah, mungkin tidak lama akan diterbitkan. Apabila hilang karena kelalaian, permohonannya bisa saja ditangguhkan sampai enam bulan," jelasnya.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id