BPOM Jamin Vaksin Covid-19 Tak Mengandung Bahan Berbahaya

    Nur Azizah - 04 Januari 2021 17:48 WIB
    BPOM Jamin Vaksin Covid-19 Tak Mengandung Bahan Berbahaya
    Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan vaksin covid-19 Sinovac yang segera diberikan ke masyarakat tidak mengandung bahan berbahaya, seperti boraks, formalin, dan lainnya. BPOM secara langsung meninjau tempat produksi vaksin di Tiongkok.

    "Mulai dari bahan baku, proses pembuatan, hingga produk jadi vaksin sesuai dengan standar penilaian mutu vaksin yang berlaku secara internasional," kata juru bicara vaksinasi covid-19, Rizka Andalusia, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 4 Januari 2021.

    Rizka mengatakan evaluasi mutu ini penting sebelum izin guna darurat atau emergency use authorization (EUA) diberikan. BPOM turut melibatkan Komite Nasional Penilai Obat serta tim ahli di bidang imunologi dan vaksin yang tergabung dalam Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

    "Evaluasi dilakukan terhadap data dukung keamanan, khasiat, dan mutu yang disampaikan oleh industri farmasi pendaftar yang diperoleh dari hasil penelitian dan pengembangan produk vaksin termasuk uji kliniknya," jelas Rizka.

    Baca: Efikasi Vaksin Covid-19 Sinovac Diharapkan Minimal 60%

    Sebelumnya, juru bicara vaksinasi covid-19 dari PT Bio Farma Bambang Herianto mengatakan vaksin covid-19 terdiri dari empat komponen.  Pertama, vaksin berisi virus yang sudah dimatikan atau inactivated virus.

    Kandungan kedua ialah alumunium hidroksida. Senyawa kimia ini berfungsi meningkatkan kemampuan vaksin.

    Ketiga, larutan fosfat atau sebagai penstabil (stabilizer) vaksin. Terakhir, larutan garam natrium klorida, atau garam dapur NaCl.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id