KPK Tolak Permintaan Edhy Prabowo

    Candra Yuri Nuralam - 21 Januari 2021 20:50 WIB
    KPK Tolak Permintaan Edhy Prabowo
    Ilustrasi KPK. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak permintaan tersangka kasus korupsi benih lobster atau benur Edhy Prabowo untuk bertemu keluarga secara langsung. Hal itu demi mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan KPK.

    "Perlu kami sampaikan tentu dalam situasi pandemi covid-19 ini, kunjungan secara fisik telah dibatasi sejak Maret 2020 yang lalu," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Januari 2021.




    Ali menuturkan kunjungan tahanan diganti dengan video call. Pihaknya khawatir penyebaran virus covid-19 di dalam rutan tinggi bila ada pertemuan secara langsung.

    "Ini adalah bagian dari upaya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bersama, baik itu para tahanan maupun penasihat hukum, petugas rutan, maupun pengawal tahanan," ujar Ali.

    Ali menegaskan kebijakan ini bukan untuk membatasi hak tahanan bertemu keluarga. Semua pihak diminta memahami situasi saat ini.

    (Baca: Menahan Tangis, Edhy Minta Dipertemukan dengan Keluarga)

    "Kami tegaskan prinsipnya hak-hak dari para tersangka maupun para penahanan di tingkat penyelidikan maupun penyidikan sama sekali tidak dibatasi oleh KPK," tutur Ali.

    Sebelumnya, Edhy meminta dipertemukan dengan keluarganya. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu butuh dukungan moral.

    "Dalam kesempatan ini kalau bisa mohon kepada pihak yang berwenang kepada Menkumham Yasonna Laoly diberikan kesempatan perizinan kunjungan keluarga," kata Edhy sambil menahan tangis di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Januari 2021.

    Edhy mengaku tertekan menghadapi perkara dugaan korupsi ekspor benih lobster atau benur. Dia butuh keluarganya untuk bisa menjalani masalah yang menjeratnya.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id