Kemenkes Maksimalkan Protokol Kesehatan di Tempat Pengungsian

    Kautsar Widya Prabowo - 25 Januari 2021 09:50 WIB
    Kemenkes Maksimalkan Protokol Kesehatan di Tempat Pengungsian
    Ilustrasi korona. Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan sejumlah upaya mendukung penerapan protokol kesehatan di sejumlah lokasi pengungsian korban bencana alam. Hal ini untuk mencegah penyebaran covid-19.

    "Kita berusaha semaksimal mungkin untuk bisa tetap mengantisipasi penularan (covid-19)," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada Medcom.id, Senin, 25 Januari 2021.






    Nadia mengungkapkan upaya-upaya itu, yakni menyediakan lokasi pengungsian dengan sirkulasi udara yang baik, rutin menyemprotkan disinfektan di area pengungsian, serta pembatasan jumlah orang dalam satu tempat pengungsian. Pengungsi juga diminta menggunakan masker medis.

    "Kita pastikan mereka pakai masker bedah enggak boleh pakai masker kain. Itu yang bisa kita lakukan selain menyediakan sarana air bersih, disinfektan," papar dia.

    (Baca: Wiku: Pengungsi Bencana Dihantui Beban Ganda)

    Namun, Nadia tidak menampik pengungsi sulit diminta menerapkan protokol kesehatan. Terlebih, pengungsi di lokasi yang tidak difasilitasi pemerintah.

    "Kalau di tenda darurat lebih mudah karena terbuka, kalau dia di masjid atau ruang sekolah agak tererutup," tutur dia.

    Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mencatat telah terjadi 201 bencana alam dalam kurun waktu 1-24 Januari 2021. Kejadian alam itu mulai dari banjir hingga gempa.

    Ratusan bencana itu menyebabkan 1.667.133 jiwa harus mengungsi. Sebanyak 169 orang meninggal, 8 hilang, dan 2.777 jiwa luka-luka.

    Bencana juga merusak 2.098 rumah. Rinciannya, 346 rumah rusak berat, 54 rusak sedang, dan 1.698 rusak ringan. Sebanyak 56 fasilitas umum juga dilaporkan rusak.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id