Aturan Buka Pusat Belanja dan Tempat Makan saat PPKM Diperlonggar, Ini Alasannya

    Patrick Pinaria - 21 Januari 2021 16:52 WIB
    Aturan Buka Pusat Belanja dan Tempat Makan saat PPKM Diperlonggar, Ini Alasannya
    Ilustrasi medcom.id



    Jakarta: Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Terdapat perubahan aturan di rumah makan dan pusat perbelanjaan di periode kedua ini.

    Keputusan perpanjangan masa PPKM itu diumumkan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis 21 Januari. Ia memastikan PPKM periode kedua akan berlangsung mulai 26 Januari hingga 8 Februari.






    "Berdasarkan evaluasi, Presiden meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat dilanjutkan dari 26 Januari sampai 8 Februari 2021," ujar Airlangga dalam konferensi pers virtual.

    Lebih lanjut, Airlangga memastikan ada perubahan jam buka tempat makan dan pusat perbelanjaan. Kini, kedua sektor tersebut diperbolehkan buka hingga pukul 8 malam. 

    Menurutnya, relaksasi ini diputuskan karena jumlah kasus korona di beberapa daerah tidak mengalami kenaikan. Namun, jumlah kapasitas di restoran tetap dibatasi sebanyak 25 persen.

    "Pembatasan ada perubahan di sektor mal dan restoran, yang dalam pembatasan kemarin maksimal pukul 7 malam, karena ada beberapa daerah agak flat, diubah jadi sampai pukul 8 malam," papar Airlangga.

    Sementara itu, aturan-aturan di sektor lainnya tidak mengalami perubahan. Salah satunya adalah sektor perkantoran. Pemerintah tetap memberlakukan aturan 75 persen karyawan kerja di rumah untuk sektor perkantoran.

    Kemudian, sektor konstruksi tetap berjalan, beribadah di tempat ibadah maksimum 50 persen dari kapasitas, fasilitas umum ditutup, dan transportasi diatur masing-masing pemerintah daerah.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id