comscore

Cegah Bencana, Pemprov Babel Didorong Beralih ke Perkebunan Sagu

Kautsar Widya Prabowo - 18 Maret 2021 17:02 WIB
Cegah Bencana, Pemprov Babel Didorong Beralih ke Perkebunan Sagu
Kepala BNPB Doni Monardo meninjau pabrik pengolahan sagu dan singkong, di Kepulauan Bangka Belitung, Kamis ,18 Maret 2021. Foto: Humas BNBP.
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) meningkatkan pemanfaatan sagu sebagai komoditas utama. Melalui pengembangan ekosistem ramah lingkungan, perkebunan sagu dipercaya bisa mencegah bencana alam.

"Pendekatan yang selama ini berbasis kepada tambang agar bisa beralih kepada perkebunan sagu," ujar Kepala BNPB Doni Monardo melalui keterangan tertulis, Kamis, 18 Maret 2021.
Menurut dia, dengan pendekatan ramah lingkungan, Babel dapat menjadi wilayah pengekspor sagu. Doni menuturkan potensi di sektor ini masih amat luas.

Baca: Doni Monardo Curhat Anggaran BNPB Turun di Tengah Peningkatan Bencana

"Saya berharap tidak lama lagi Babel bisa mempromosikan ekspor sagu ke mancanegara karena daerah lain belum ada yang ekspor," tutur dia.

Selama ini, kata dia, Babel dikenal dengan pertambangan timah sebagai ladang perekonomian warga secara turun temurun. Namun, pertambangan meninggalkan kerusakan lingkungan yang memicu bencana.

"Dampaknya yang kita rasakan hari ini, terjadi kerusakan ekosistem. Setiap waktu ada saja persoalan yang terjadi antara program pertambangan timah, terutama yang ilegal dengan masyarakat," jelas Doni.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id