67,4% Publik Sepakat Investor Asing Genjot Sektor Pariwisata

    Fachri Audhia Hafiez - 18 Januari 2021 13:41 WIB
    67,4% Publik Sepakat Investor Asing Genjot Sektor Pariwisata
    Kawasan wisata Mandalika. Foto: dok MI.



    Jakarta: Survei News Research Center (NRC) Media Group News (MGN) menunjukkan adanya kecenderungan masyarakat yang sepakat kehadiran investor asing di Indonesia. Khususnya dalam meningkatkan sektor pariwisata Tanah Air.

    "Sebanyak 67,4 persen responden setuju bahwa kehadiran investor asing mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Air. Sedangkan yang tidak setuju sebanyak 32,4 persen," kata Head of NRC Media Group News Ade Alawi dalam keterangan tertulis, Senin, 18 Januari 2021.




    Publik masih menganggap mendatangkan investor asing hal penting untuk membangun tempat-tempat wisata di Tanah Air. Namun, keterlibatan investor lokal hendaknya menjadi skala prioritas.

    Survei juga mencatat kebutuhan wisata masyarakat lokal. Sebanyak 86 persen responden memandang berwisata menjadi kebutuhan. Hanya 14 persen responden yang menjawab bukan kebutuhan.

    "Jawaban ini sangat mungkin karena mereka masih khawatir berwisata di tengah pandemi belum menimbulkan rasa aman," ucap Ade.

    Terkait hasil survei itu, NRC Media Group News merekomendasikan pembenahan dan pengembangan tempat wisata perlu menjadi persoalan krusial. Sehingga masyarakat bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

    "Fasilitas pendukung seperti infrastruktur tempat wisata sangatlah penting diperhatikan untuk sektor pariwisata," ujar Ade.

    Survei NRC Media Group News mengambil sampel 500 responden yang tersebar di 34 provinsi. Jajak pendapat menggunakan metode telepoling.

    Baca: Survei Media Group News: Mayoritas Publik Setuju UU Ciptaker Genjot Investasi

    Responden pernah diwawancarai dengan metode tatap muka pada survei tentang tema lain sebelumnya. Responden tersebut cukup kooperatif saat dilakukan wawancara melalui telepon.

    Wawancara responden dilaksanakan pada tanggal 14-22 Desember 2020. Margin of error survei ini sekitar 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

    Jajak pendapat telepoling ini digelar sehubungan dengan pelaksanaan Media Group News (MGN) Summit Indonesia 2021: Solusi Maju Bersama. Acara ini akan dilaksanakan pada 27-28 Januari 2021.

    MGN Summit merupakan sebuah hybrid event. Acara ini menggabungkan konsep off air dan online yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, dan para ahli.

    Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari NRC Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.

    Ada empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, energi hijau, dan pariwisata. Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang covid-19.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id