Genjot Target Vaksinasi, 58 Ribu Tenaga Kesehatan Disuntik Per Hari

    Fachri Audhia Hafiez - 27 Januari 2021 20:28 WIB
    Genjot Target Vaksinasi, 58 Ribu Tenaga Kesehatan Disuntik Per Hari
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Pemerintah tengah menggenjot penyuntikan vaksin covid-19 untuk tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. Penyuntikan vaksin untuk 1,5 juta tenaga kesehatan ditargetkan rampung akhir Februari 2021.

    "Dengan tren yang terakhir, kemarin itu 58 ribu suntik per hari," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam acara Media Group News Summit: Indonesia 2021 (MGN Summit) dengan tema 'Public Health: Vaccine What to Expect?' di Grand Studio Metro TV, Jakarta Barat, Rabu, 27 Januari 2021.






    Setelah tenaga kesehatan selesai, vaksinasi akan dilakukan kepada kelompok tenaga publik, yakni TNI-Polri. Jumlahnya mencapai belasan juta dosis.

    "Ada 17 juta itu yang lebih challenging, mulai di bulan Maret 2021," ucap Budi.

    Vaksinasi kemudian akan dilanjutkan untuk masyarakat serta lanjut usia (lansia) di atas 59 tahun. Vaksin dari berbagai produsen untuk kelompok tersebut diharapkan bisa datang lebih cepat.

    Budi menerangkan perihal lansia yang baru bisa disuntik paling akhir. Menurut dia, vaksin yang tersedia di Indonesia belum bisa diperuntukkan bagi lansia.

    "Bukan karena kita mengunggulkan orang muda atau produktif. Tapi karena vaksin untuk usia lanjut belum datang, baru datang di bulan April 2021. Jadi saat dia datang kita akan suntik yang usia lanjut," ujar Budi.

    Baca: 1.788 Tenaga Kesehatan di Sulsel Telah Vaksin Covid-19

    MGN Summit: Indonesia 2021 merupakan sebuah hybrid event. Acara ini menggabungkan konsep off air dan online yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, dan para ahli.

    Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Center (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.

    Ada empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, energi hijau, dan pariwisata. Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang covid-19.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id