comscore

DKI Jakarta Naik ke PKKM Level 2, Ini Penjelasan Kemenkes

Patrick Pinaria - 05 Juli 2022 21:06 WIB
DKI Jakarta Naik ke PKKM Level 2, Ini Penjelasan Kemenkes
Ilustrasi medcom.id
Jakarta: DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah yang mengalami kenaikan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kini, seluruh wilayah Ibu Kota masuk dalam kategori PPKM level 2.

Penerapan PPKM Level 2 di Jakarta berlaku selama sebulan. Tepatnya dimulai hari ini, Selasa, 5 Juli hingga 1 Agustus 2022.
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menjelaskan kenaikan level PPKM di Jakarta diterapkan karena ada beberapa pertimbangan. Salah satunya, kenaikan kasus covid-19 di wilayah tersebut.

"Yang menjadi indikator pengukuran PPKM Level 2 adalah transmisi di komunitas, kenaikan kasus, hospitalisasi, dan angka kematian," kata Mohammad Syahril dikutip dari Antara pada Selasa, 5 Juli 2022.

"Positivity ratenya meningkat. Di DKI Jakarta antara 8 sampai 9 persen dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 5 persen. Itu yang jadikan mereka masuk Level 2," lanjutnya. 
 
Baca: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Jabodetabek Jadi Level 2

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan PPKM Jawa-Bali tetap berlanjut. Hal itu dikonfirmasi Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal pada Senin, 4 Juli 2022.

Dalam penerapannya yang berlangsung hingga 1 Agustus itu, sejumlah wilayah dipastikan mengalami kenaikan level PPKM. Safrizal mengatakan wilayah dengan PPKM level 1 menurun dari 128 menjadi 114 daerah. Sedangkan daerah dengan PPKM level 2 meningkat menjadi 14 wilayah.

"Dari yang sebelumnya tidak ada satu pun daerah yang berada di level 2," kata Safrizal.
 
Safrizal mengingatkan masyarakat tidak panik namun tetap waspada. Caranya dengan disiplin protokol kesehatan dan mempercepat vaksinasi covid-19.
 
"Jangan kurangi kewaspadaan khususnya memakai masker di ruangan tertutup," tuturnya.

(PAT)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id