Posisi Tiga Bagian KRI Nanggala-402 Ditemukan

    Theofilus Ifan Sucipto - 18 Mei 2021 10:47 WIB
    Posisi Tiga Bagian KRI Nanggala-402 Ditemukan
    Konferensi pers penemuan lokasi tiga bagian KRI Nanggala-402. Medcom.id/Theofilus Ifan



    Jakarta: Pencarian bagian kapal selam KRI Nanggala-402 terus dilakukan. TNI Angkatan Laut (AL) memaparkan perkembangan terbaru dari upaya evakuasi kapal selam tersebut.

    “Bagian-bagian dari KRI Nanggala-402 telah ditemukan,” kata Panglima Koarmada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto dalam konferensi pers, Selasa, 18 Mei 2021.

     



    Iwan menyebut tim gabungan telah mengetahui posisi haluan, anjungan, dan buritan. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono menyebut tim khusus dibentuk untuk menindaklanjuti dan mengevakuasi temuan itu.

    “Kasal memerintahkan untuk membentuk Gugus Tugas Salvage KRI Kanggala-402,” ujar Iwan.

    Yudo juga langsung menunjuk Komandan Gugus Tugas Salvage KRI-Nanggala 402. Dia memercayakan jabatan itu kepada Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada II, Laksamana Muda I Gung Putu Alit Jaya.

    “(Ketua gugus tugas diperintahkan) langsung beraksi membawa unsur-unsur untuk melaksanakan kegiatan (evakuasi),” papar Iwan.

    Baca: KRI Nanggala 402 Rutin Menjalani Perawatan Sejak 2012

    Dia mengatakan operasi penyelamatan ini bersifat umum dan kemanusiaan. Operasi itu terbuka bagi siapa saja yang memiliki kemampuan terlibat misi tersebut.

    Negara-negara sahabat turut membantu pencarian KRI Nanggala-402. Di antaranya, Singapura, Malaysia, Australia, danAmerika Serikat (AS). Indonesia juga berkoordinasi dengan International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO).

    “Mereka memberi pengumuman internasional yang terdekat dengan posisi kapal selam (KRI Nanggala-402) bisa langsung beraksi untuk membantu,” tutur Iwan.

    KRI Nanggala-402 hilang kontak saat latihan penembakan torpedo di perairan utara Bali pada Rabu, 21 April 2021. Kapal selam dengan 53 awak itu ditemukan berada di palung laut sedalam 838 meter.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id