comscore

Pekan Kebudayaan Nasional, PON-nya Kebudayaan Untuk Pemajuan Budaya Indonesia

MetroTV - 15 Oktober 2021 17:56 WIB
Pekan Kebudayaan Nasional, PON-nya Kebudayaan Untuk Pemajuan Budaya Indonesia
Foto: Dok/Screenshot Metro TV
Jakarta: Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) ke-3 secara daring pada 19-26 November 2021. PKN atau yang sering disebut sebagai PON-nya kebudayaan bertujuan memajukan kebudayaan Indonesia melalui perlindungan dan pelestarian.

Koordinator Umum PKN 2021 Sri Hartini menyebut PKN tidak memiliki sistem penilaian, berbeda dengan PON. Alasannya, PKN memang tidak untuk membandingkan antara budaya satu dengan yang lainnya.
Kompetisi yang diadakan di PKN memang bertujuan agar generasi muda dapat memetik nilai-nilai di dalamnya, bukan malah mempersoalkan menang atau kalah. Nilai yang bisa diambil dari PKN antara lain nilai kejujuran, kedisiplinan, kekompakan, dan saling menghargai.

"Yang paling penting bagaimana kita menanamkan kepada generasi muda bahwa di dalam kompetisi permainan tradisional ada nilai kejujuran, kedisiplinan, kekompakan yang sangat luar biasa, saling menghargai,” jelas Sri dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Jumat, 15 Oktober 2021.

Tercatat ada 17 negara sahabat yang ikut serta dalam pagelaran PKN 2021. Namun, Sri mengatakan adanya kemungkinan peserta dan pengunjung yang menurun karena pandemi covid-19.

“Pasti ada penurunan karena keterlibatannya juga sangat terbatas di pandemi,” kata Sri.

Sri menekankan PKN tidak mempermasalahkan mengenai pengunjung. Perhatian utama PKN yaitu untuk mengangkat unsur kebudayaan, kearifan dan Indonesia di masa mendatang.

PKN 2021 mengusung tema ‘Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan’ yaitu bagaimana masa lalu memandu kita untuk masa depan. Cerlang sendiri memiliki arti cahaya terang, yang kemudian ditujukan bagi generasi muda agar dapat mengolah peluang. Tema tersebut dibagi menjadi tiga subtema yaitu sandang, pangan, dan papan. (Widya Finola Ifani Putri)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id