Indonesia Terima 222 Jenazah Pekerja Migran Hingga Pertengahan 2020

    Fachri Audhia Hafiez - 28 Juni 2020 14:12 WIB
    Indonesia Terima 222 Jenazah Pekerja Migran Hingga Pertengahan 2020
    Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani (jaket hitam). Dok. BP2MI
    Jakarta: Sebanyak 222 jenazah pekerja migran Indonesia (PMI) telah dipulangkan ke Tanah Air selama periode Januari-Juni 2020. Mereka meninggal di negara penempatan karena berbagai hal.

    "Tentu karena berbagai masalah, tidak hanya berkaitan covid-19," kata Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Matraman, Jakarta Timur, Minggu, 28 Juni 2020.

    Benny tak memerinci penyebab meninggalnya para pekerja migran tersebut. Namun, dia memastikan pemulangan PMI dilakukan maksimal.

    Pelayanan berupa pengantaran jenazah menggunakan ambulans gratis hingga ke kampung halaman. Benny menyebut setiap PMI dianggap sebagai warga negara VVIP. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan supaya PMI selalu mendapat perlindungan ekstra.

    "Pak Jokowi selalu pesan kepada saya sebagai Kepala BP2MI tolong lindungi PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki. Ini sangat dalam," ujar Benny.

    Secara keseluruhan, BP2MI telah menerima sebanyak 162 ribu migran yang pulang Indonesia. Diprediksi terdapat tambahan 50.114 PMI yang pulang pada Juli-Agustus 2020.

    Baca: Gelombang Kepulangan 50.114 PMI Juli-Agustus 2020

    Gelombang kepulangan PMI ini dipengaruhi habisnya masa kontrak kerja di negara penempatan. Menurut Benny, pengiriman mereka yang bekerja di luar negeri karena dilakukan dengan beberapa skema.

    "Skema goverment to goverment (G2G), person to person (P2P), skema mandiri yakni, pekerja migran pulang ke Tanah Air atas kesadaran sendiri. Kemudian, skema yang berdasarkan kontrak yang dilakukan pekerja migran dengan perusahaan atau user secara mandiri karena untuk kepentingan perusahaan sendiri," ujar Benny.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id