RS Pertamina Jaya Tampung Pasien Korona pada April 2020

    Christian - 24 Maret 2020 19:56 WIB
    RS Pertamina Jaya Tampung Pasien Korona pada April 2020
    Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, tengah dibenahi untuk RS rujukan pasien korona. Medcom.id/Christian
    Jakarta: Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, akan digunakan untuk merawat pasien dalam pemantauan (PDP) covid-19 (korona). Sejumlah ruangan dibenahi agar mampu menampung pasien korona.

    "Kita berharap ini rampung dan sudah bisa beroperasi pada minggu pertama April 2020," kata Direktur Rumah Sakit Pertamina Jaya, Syafik Ahmad, Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

    Syafik menjelaskan ada 65 ruangan rawat inap, dan lima ruangan gawat darurat untuk PDP. Setiap PDP akan menempati satu ruangan.

    "Yang sedang direnovasi adalah ruangan yang nanti dalam setiap kamar akan dipasang saringan hepa filter yang biasa dipasang di dalam kamar operasi," jelas dia.

    Syafik menerangkan setiap udara yang masuk ke kamar pasien akan disaring dan udara dari kamar akan disedot dengan pengamanan tambahan. Teknologi ini disebut back in back cut.

    "Direncanakan lantai satu itu sebagai laboratorium dan unit gawat darurat (UDG). Sedangkan lantai dua dan tiga sebagai tempat pasien dirawat," terang dia.

    Baca: Pasien Positif Korona 686 orang, 55 Meninggal

    Syafik mengatakan para tenaga medis harus berpakai sesuai standar protokol penanganan covid-19 saat masuk ke ruangan pasien. Mereka juga harus mencopot baju yang dikenakan sesudah bertugas dan langsung mandi.

    "Tenaga medis itu dibagi tiga sif. Selesai tugas mereka copot baju kesehatan, itu hanya dipakai sekali pakai saja. Sedangan pakaian mereka keseharian akan langsung dicuci dan diberi cairan disinfektan," kata dia.

    Dewan Kota Kecamatan Cempaka Putih, Bayu Sudarmaji, mengaku sudah mengetahui rencana RS Pertamina Jaya akan menjadi rumah sakit khusus covid-19. Menurut dia, warga Cempaka Putih menyambut baik langkah ini.

    "Kita juga berharap virus ini dapat berakhir apalagi semakin hari jumlah terus bertambah," ujar Bayu.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id