Tagihan Listrik Masyarakat Miskin Diringankan Selama Darurat Covid-19

    Antara - 24 Maret 2020 21:37 WIB
    Tagihan Listrik Masyarakat Miskin Diringankan Selama Darurat Covid-19
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin. MI/Adam Dwi
    Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan masyarakat miskin yang terdampak secara ekonomi imbas covid-19 (korona) mendapatkan keringanan tagihan listrik. Keringanan untuk pelanggan dengan daya 450 Watt dan 900 Watt selama enam bulan.

    "Sedang dipertimbangkan untuk memberikan keringanan pembiayaan tagihan listrik, untuk rumah tangga miskin yang 450 Watt dan 900 Watt, tetapi yang sudah terdaftar datanya secara terpadu di Kementerian Sosial," kata Ma'ruf Amin dalam telekonferensi pers di kediaman pribadinya seperti dilansir Antara, Selasa, 24 Maret 2020. 

    Data masyarakat miskin menggunakan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial. Besaran keringanannya masih dikalkulasi sebelum diteken oleh Presiden Joko Widodo. 

    Berdasarkan DTKS Kemensos, ada 27,2 juta rumah tangga dengan daya 900 Watt yang mendapatkan subsidi listrik. Nilai bantuan tidak disamaratakan namun bervariasi. Nominalnya mulai dari Rp60 ribu hingga Rp100 ribu setiap bulannya.

    Baca:  Masyarakat Terdampak Social Distancing Dapat Bantuan dari Pemerintah

    "Perlu dilakukan seleksi supaya tidak salah memberikan insentif atau bantuan atau subsidi kepada yang tidak berhak. Jangan sampai yang menerima itu justru bukan orang miskin, tapi malah orang kaya," ujar Ma'ruf.

    Keringanan tagihan listrik ini salah satu kebijakan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi imbas covid-19. Khususnya mereka yang mengandalkan upah harian untuk menopang ekonominya. 

    Bantuan sosial lainnya, mempercepat pencairan bantuan program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non-tunai (BPNT) dan bantuan langsung tunai (BLT). Ma'ruf mengatakan ada 15,2 juta masyarakat miskin yang akan mendapat BLT mulai April. 



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id